FOOD FOOD - CIREBON

32 Rekomendasi Kuliner Cirebon Yang Wajib Dicoba!

Iseng membuka kembali arsip dari zaman foto masih pakai handphone, saya kaget dengan foto-foto kuliner Cirebon yang banyaknya ajubileh.

Pikir-pikir, gila juga ya, sebanyak itu karena hampir 1 tahun dan lebih dari belasan kali bolak-balik ke Cirebon.

Setelah disatukan dan dirapikan total ada 30 tempat yang sudah saya kunjungi. Daripada nganggur, mending saya pakai buat bikin 1 post yang berfaedah.

Sekaligus menjawab pertanyaan untuk teman-teman yang banyak bertanya tentang Kuliner Cirebon. Kuy!

Karena panjang banget, siap-siap bacanya ya!

INI DIA 32 REKOMENDASI KULINER CIREBON VERSI TUKANG NGIDER. LETS GO!

_________________________

Urutan pertama sampai kelima, adalah hasil ketika saya bersama ko Sinyo dan mbak Wenda, menghadiri undangan staycation di Ibis Budget Cirebon. Kuy, der!

_________________________

1. TONGSENG BATTEMBAT PIPIT

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Pipit (7)

Ternyata Kuliner Cirebon gak cuma Empal Gentong atau Nasi Lengko aja yang jadi makanan khas Cirebon. Ada Tongseng Battembat dari desa Battembat, Cirebon. Sesuai namanya, tongseng daging sapi yang menjadi andalan utamanya nih.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Pipit (8)

Sebenarnya, rumah makan pertama yang menjual tongseng Battembat hanya buka di malam hari. Berhubung masih siang, dipilihlah Rumah Makan Pipit yang memang buka dari pukul 10.00 pagi, di Jalan Ir. H. Juanda no.9, Cirebon.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Pipit (9)

Kalau dari jalan raya sudah bisa terlihat jelas papan nama Rumah Makan Pipit. Begitu sampai, rumah makan ini sederhana tapi rapi. Temboknya juga keren, memakai batu bata yang sudah dicat lagi, jadi lebih berwarna.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Pipit (4)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Pipit (2)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Pipit (3)

Saatnya pesan! Gak usah ditanya, pasti pesan tongseng battembatnya. Disini kita bisa pilih antara seporsi, ¼ kilogram hingga 1 kilogram daging. Jadi, yang datang banyakan bisa lebih murah. Udah gitu, direkomendasikan juga Balungga: Tongseng dari Iga Sapi. Gak lupa sayuran, ya!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Pipit (1)

Ketika suapan pertama, yang dirasakan adalah kok rasanya mirip rendang? Padahal penampilannya seperti tongseng pada umumnya. Hanya saja, kuahnya kental dan banyak bumbunya sampai kita bisa merasakan sekilas apa saja yang dipakai.

Dagingnya dipotong kecil-kecil supaya gampang dimakan, untungnya tidak alot, rasa tongsengnya perpaduan antara rasa manis, gurih dan terasa sedikit pedas. Masalah pedas, bisa disesuaikan kok dan pasti akan ditanya gimana pedasnya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Pipit (5)

Gimana Balungga-nya? Karena pakai Iga sapi, daging akan bercampur sedikit dengan lemaknya. Kalau dengan bumbu, rasanya sama persis. Hanya perbedaannya di daging yang dipakai.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Pipit (6)

Cobain juga menu baru di Rumah Makan Pipit, sehabis makan, ditutup dengan Es Campur yang sueger abis! Meriah banget warnanya, yang isinya ada alpukat, stroberi, buah naga, kelapa, nangka, cingcau, agar-agar, semangka, dengan es serut yang disiram sirup tjampolai. Mantap!

Jadi, kalau ke Cirebon cobain juga ya, Tongseng Battembat.

_________________________

Rumah Makan Pipit

Jalan Ir. H. Juanda no. 9, Battembat, Tengah Tani, Kota Cirebon.
10.00 – 21.00
0822 1652 5133

_________________________

2. MIE JAWA PETRUK

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Jawa Petruk (1)

Jauh-jauh ke Cirebon kok makan Mie Jawa lagi sih, Drew? Eits! Jangan salah! Mie Jawa Petruk ini terkenal seantero Cirebon. Saking hits-nya, kalau mau makan disini, kita harus bersabar karena antriannya panjang dan RAME BANGET!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Jawa Petruk (4)

Menu andalannya adalah Bakmi Goreng yang dimasak masih menggunakan arang. Walaupun pakai arang, proses masaknya gak makan waktu lama kok, walau dimasak satu per satu setiap pesanan. Semua karena ingin mempertahankan cita rasa.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Jawa Petruk (5)

Mie Jawa Petruk mempunyai 2 tempat, yang saya datangi adalah rumah sang pemilik yang mulai buka pukul 16.00. Teras rumah menjadi tempat makan para pengunjung yang hanya muat mungkin sekitar belasan orang.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Jawa Petruk (3)

Pesanan tiba! Seporsi bakmi nyemek yang aromanya sedap banget! Mie yang dimasak dengan kecap bersama sawi hijau, kol, tomat, disajikan dengan timun, suwiran daging ayam, bawang goreng, dan kerupuk rambak.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Jawa Petruk (2)
Bakmi Goreng Nyemek – IDR 13.000

Rasanya? MAKNYUS! Apalagi ada sedikit kuah yang bikin gak kering-kering amat. Oh ya! Jangan lupa pakai sambalnya yang bikin nafsu makan meningkat drastis. Buat kamu yang makannya banyak, lebih baik pesan 2 porsi. Karena, porsinya kecil. Kalau lapar, 1 porsi nanggung banget.

Saran dari saya, kalau kesini, langsung pesan dulu, supaya gak nunggu lama. Juga, jangan datang pas laper banget, kalau enggak, lapernya keburu lewat dan plus kesal sendiri nungguin lama.

_________________________

Mie Jawa Petruk

Jalan Pangeran Drajat no. 40, Jagasatru, Pekalipan, Kota Cirebon.
16.00 – 22.00

Jalan Lemah Wungkuk, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
18.00 – 23.00

_________________________

3. LITTLE BLACK COFFEE

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Little Black Coffee (2)

Saya tipe orang yang kalo ngider di luar kota, pasti mencarinya makanan khas atau street food alias pinggir jalan atau kaki lima. Tapi, sekali-sekali , ya gak apalah ya. Apalagi kalau lagi pengen ngopi dan bersantai.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Little Black Coffee (1)

Di Jalan Parujakan, ada sebuah kedai kopi yang minimalis, bernama Little Black Coffee. Buat kamu yang suka foto OOTD, bisa nih menambah koleksi foto. Secara, interiornya mendukung banget. Otomatis namanya juga kedai kopi, pilihannya juga ngopi.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Little Black Coffee (3)

Buat yang gak suka kopi, ada kok minuman non-kopi dan cemilan-cemilan yang bisa dipesan disini. Lucunya, area merokok bersatu dengan yang tidak merokok, tapi ada kipas exhaust yang menyedot asap rokok.

_________________________

Little Black Coffee

Jalan Parujakan no. 3, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon.
12.00 – 22.00 (Minggu Tutup)
0817 9441 778

_________________________

4. NASI LENGKO HAJI BARNO

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko Haji Barno (3)

Gak lengkap rasanya kalau ke Cirebon, gak makan nasi lengko. Apa sih nasi lengko? Jadi, nasi lengko itu makanan rakyat khas Pantai Utara, seperti Cirebon, Indramayu, dan sekitarnya. Lengko itu dalam bahasa Indonesia, artinya langka atau sedikit.

Nasi Lengko = Nasi dengan lauk yang sedikit.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko Haji Barno (1)

Nasi lengko memakai nasi putih hangat yang diberi potongan tahu dan tempe goreng, timun, toge rebus, irisan kucai, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko Haji Barno (2)

Nasi lengko Haji Barno salah satu yang legendaris, sudah berjualan sejak tahun 1986. Saya aja belum lahir, ya. Kalau pesan nasi lengko, jangan lupa sate kambingnya juga ya. Makan nasi lengko tanpa sate kambing, pasti gak pol! Jangan kebanyakan, nanti kolesterol naik, lho!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko Haji Barno (6)
Nasi Lengko – IDR 13.000

Makan nasi lengko itu, ada caranya. Sebelum dimakan, aduk dulu semua yang di dalam piring. Kalau bumbu kacangnya sudah tercampur rata, baru deh kita makan. Kesan pertama, pasti akan bilang kalau kurang rasa. Solusinya, tinggal minta garam atau tambah kecap aja ya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko Haji Barno (5)
Sate Kambing – IDR 5.500/tusuk

Kalau sate kambingnya, kita bisa pilih antara ada lemaknya atau full daging semua. Sate akan dibakar ketika ada yang pesan, jadi disajikan benar-benar hangat. Minta juga, bumbu kecap buat satenya, dijamin 1 nasi gak cukup deh kayaknya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko Haji Barno (4)

_________________________

Nasi Lengko Haji Barno

Jalan Pagongan no. 15, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon.
08.00 – 22.00
0812 2277 3991

_________________________

5. SEAFOOD HAJI MOEL

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Seafood H. Moel (7)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Seafood H. Moel (8)

Saya selalu disarankan sama banyak orang untuk coba makan di Seafood Haji Moel. Gak kesampaian buat ngider kesana, akhirnya saya bisa mampir juga makan disini. Memilih cabang di seberang Cirebon Super Block, jalan Cipto Mangunkusumo.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Seafood H. Moel (2)

Kenapa disarankan makan disini, karena harga seafood-nya yang murah dan katanya juga enak. Baru katanya, nih. Maka dari itu, ayo deh kita cobain!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Seafood H. Moel

Ada 5 macam menu yang dipesan, mulai dari Udang Bakar Lady Rose, Kepiting Saus Padang, Ikan Bakar, Kangkung Cah Polos, dan Caisim Polos. Gak boleh kalo gak ada sayur, terutama nih yang gak doyan sayur, ayo belajar makan sayur (campaign terselubung).

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Seafood H. Moel (1)
Kepiting Saus Padang

Kepitingnya buesaaar banget, iyalah wong kepitingnya jumbo, dagingnya cukup banyak, apalagi saus padangnya mantep banget! Makan berempat cukup, kok! Kalo gak ada yang serakah, hihi.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Seafood H. Moel (3)
Udang Bakar Lady Rose

Udang bakarnya juga berbumbu banget. Mungkin dinamakan Lady Rose, karena udangnya cantik, warnanya menggoda selera. Rasanya manis dan gurih, ditambah udangnya segar.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Seafood H. Moel (4)
Ikan Kerapu Bakar

Gak ketinggalan Ikan Bakar. Dari 4 pilihan ikan yang ditawarkan, dipilihlah Ikan Kerapu. Disajikan dengan sambal kecap yang udah pasti endeus. Emang pasnya kalau ikan bakar, sambalnya kecap dan cabai. Ugh!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Seafood H. Moel (6)
Cah Kangkung Polos
Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Seafood H. Moel (5)
Caisim Polos

Buat sayurannya, dimasaknya pas banget, gak sampai layu apalagi sampai hitam. Sayurnya fresh, ditumis polos, bikin rasa sayurnya seperti menetralisir yang lain.

Sekian banyak menu yang dipesan, gak habis sampai IDR 500.000, kok! Murah kan?

_________________________

Seafood Haji Moel

Jalan Cipto Mangunkusumo no. 71A, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon.
10.30 – 22.30
(0231) 208 311

_________________________

Ini Video Perjalanan Kuliner Cirebon saya selama saya menginap di Ibis Budget Cirebon

(RELEASE SOON!)

_________________________

Nah! Giliran urutan keenam sampai seterusnya, hasil saya ngider selama bolak-balik ke Cirebon. Lanjut lagi, kuy!

_________________________

6. AYAM GORENG SANTA

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Ayam Goreng Santa

Tidak sedikit dari teman-teman saya di Cirebon, menyuruh saya cobain Ayam Goreng Santa yang terkenal sama Nasi Ati-nya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Ayam Goreng Santa (1)
Sate Ati – IDR 1.500/tusuk
Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Ayam Goreng Santa (2)
Sate Usus – IDR 1.500/tusuk

Bukan cuma nasi ati aja, kok. Sebenarnya, penjual disini menjual ayam goreng, tapi lebih terkenalnya sate ati dan sate ususnya yang asin-asin nikmat!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Ayam Goreng Santa (3)
Nasi Ayam Goreng – IDR 12.000

Persis di depan sekolah Santa Maria di Jalan Sisingamangaraja. Makan nasi ayam goreng serundeng aja cuma IDR 12.000 aja. Mantep gak tuh? Tambah sate ati atau usus cuma IDR 1.500 per tusuk. Nasinya IDR 2.000 aja. Asyik kan?

Jangan lupa sambelnya, ya!

_________________________

Ayam Goreng Santa

Jalan Sisingamangaraja, kota Cirebon.
(Persis di depan sekolah Santa Maria)
07.00 – 15.00

_________________________

7. NASI JAMBLANG PELABUHAN (HJ. SUMARNI)

Nah, 3 nomor ke bawah bakal bahas Kuliner Cirebon yang khas di kota Cirebon: Nasi Jamblang. Nasi Jamblang Pelabuhan adalah nasi jamblang pertama yang saya cicipi ketika pertama kali menginjak kota Cirebon. Lokasinya memang berada di depan Pelabuhan Cirebon.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Pelabuhan (2)

Awalnya, tahun 1980-an, sang ibu berjualan nasi jamblang ini keliling pasar Balong. Lalu, sejak tahun 1990-an, anak-anaknya meneruskan usaha ibunya dan mulai berjualan di depan pintu Pelabuhan Cirebon.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Pelabuhan (6)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Pelabuhan (4)

Dari depan, gak bakal mengira, kalau jalan masuknya kecil. Tapi, sesampainya di dalam, dijamin bakal bingung mau pilih makanan yang mana. Sebelum itu, ambil dulu piring dengan alas daun jati yang jadi khas Nasi Jamblang.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Pelabuhan (1)
Nasi Jamblang

Baru deh, ambil nasi putih hangat lalu pilih lauk pauk apa yang mau dimakan. 2 sate usus, 2 sayur tahu, tempe goreng, ikan asap, perkedel kentang, dan sambal hanya seharga IDR 18.000 aja buat dimakan berdua. Keren, kan?

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Pelabuhan (5)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Pelabuhan (3)

_________________________

Nasi Jamblang Pelabuhan (Hj. Sumarni)

Jalan Yos Sudarso no. 1, Panjunan, Lemahwungkuk, kota Cirebon.
06.00 – 14.30

_________________________

8. NASI JAMBLANG MANG DUL

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Mang Dul (1)

Giliran Nasi Jamblang Mang Dul yang kita cicipi. Salah satu kuliner legendaris di kota Cirebon yang sudah berdiri dari tahun 1970-an yang tempat awalnya masih pakai tenda di pojokan dekat Terminal Gunung Sahari yang sekarang menjadi Mall Grage.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Mang Dul (6)

Dan sekarang sudah pindah ke salah satu ruko di Jalan Cipto Mangunkusumo. Karena legendaris, sudah pasti tidak akan pernah sepi pengunjung.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Mang Dul (5)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Mang Dul (4)
Nasi dibungkus Daun Jati

Jadi, bersabar untuk mengantri. Setelah itu, akan ditanya mau berapa porsi nasi, lalu saatnya memilih lauk pauknya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Mang Dul (2)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang Mang Dul (3)
Nasi Jamblang Mang Dul

Beragam macam menu yang disajikan, tapi yang pasti ada adalah Balakutak atau Cumi yang dimasak dengan tintanya. Pilihan saya: Nasi 1 porsi, perkedel kentang, ikan, dan sayur tahu. Hanya habis IDR 13.000 saja, kok.

_________________________

Nasi Jamblang Mang Dul

Jalan Cipto Mangunkusumo no. 8, Pekiringan, Kesambi, kota Cirebon.
04.30 – 15.00 & 17.00 – 00.00

_________________________

9. NASI JAMBLANG HVS

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang HVS (3)

Tidak ada nama resmi untuk Nasi Jamblang ini. Yang saya ingat adalah Nasi Jamblang HVS, karena berjualan persis di depan bengkel HVS, dengan tenda, dan hanya buka di malam hari. Tidak terlalu jauh juga dengan Toko Ruby.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang HVS

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang HVS (2)

Sama seperti penjual Nasi Jamblang lainnya, masih dengan nasi yang dibungkus dengan daun jati. Dan kita memilih lauk pauk yang akan dimakan. Tapi, bagi saya, Nasi Jamblang HVS ini yang taste makanannya lebih berbumbu dan enak.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Jamblang HVS (1)
Nasi Jamblang HVS

Kalau kesini, harus pakai sate kentang kecap yang enak banget! Yang bikin jadi favorit saya adalah harganya juga lebih murah. Seporsi nasi putih dengan sate kentang, tempe goreng, sayur tahu, dan perkedel kentang, saya masih ingat jelas hanya IDR 12.000 saja! SIP!

_________________________

Nasi Jamblang HVS

Jalan Tentara Pelajar Pekiringan, Kesambi, kota Cirebon.
(Depan Bengkel HVS, dekat Indomaret)
Menjelang malam – Dini Hari

_________________________

10. NASI LENGKO H.M. SADI

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko H. M. Sadi (3)

Masih di Jalan Pagongan, Nasi Lengko H.M. Sadi dekat sekali dengan Nasi Lengko H. Barno. Usut punya usut, kedua penjual Nasi Lengko ini masih merupakan keluarga. Hanya saja, Nasi Lengko H. M. Sadi berada di sebuah gang.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko H. M. Sadi (4)

Tepatnya di Gang Alas Demang no. 1, disini pun menjajakan nasi lengko dan sate kambing. Kalau tidak salah ingat, masing-masing harganya adalah IDR 13.000 dan IDR 16.000. Mohon maaf, kalau seandainya datang kemari, harganya berbeda karena saya lupa berapa persisnya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko H. M. Sadi (2)
Nasi Lengko H. M. Sadi

Saya memilih Nasi Lengko H.M. Sadi jadi favorit saya, walau porsinya sedikit lebih kecil, tetapi dari segi pelayanan, semua orang yang ada disana sangat ramah melayani. Dan rasa makanannya lebih gurih dan enak. Tapi, kembali ke selera masing-masing, ya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Nasi Lengko H. M. Sadi (1)

Oh ya, kalau kesini jangan terlalu sore, karena banyaknya pengunjung yang datang, bisa saja pukul 14.00 sudah habis tak tersisa. Tapi, kalau beruntung, bisa saja pukul 15.00 pun masih ada.

_________________________

Nasi Lengko H. M. Sadi

Gang Alas Demang no. 1, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon.
06.00 – 14.00

_________________________

11. RUMAH MAKAN AYAM BAHAGIA 71 (HJ. SUNARTI)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Ayam Bahagia 71 (2)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Ayam Bahagia 71 (1)

Kali ini, saya diajak makan di salah satu rumah makan yang terkenal dengan ayam kampung gorengnya. Dan juga salah satu rumah makan legendaris yang sudah berjualan sejak tahun 1946! Kebayang kan? Betapa legendarisnya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Ayam Bahagia 71 (3)

Tinggal pilih mau duduk dimana, bisa lesehan atau seperti biasa di meja dan kursi. Untuk menu makanannya, kurang lebih sama seperti penjual ayam goreng pada umumnya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Ayam Bahagia 71 (4)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Ayam Bahagia 71 (5)

Ayam bagian dada, paha, tahu, tempe, sate ati, ampela, usus, pete, sambal, dan masih banyak lainnya. Harga mulai dari IDR 4.000 per menu, untuk ayam mulai dari IDR 18.500.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Rumah Makan Ayam Bahagia 71 (6)

Bagi yang tidak terbiasa makan ayam kampung, pasti akan bilang kalau porsi makanannya kecil. Kalau urusan rasa sih, bagi saya enak kok. Salah satu Kuliner Cirebon yang wajib dikunjungi, ya!

_________________________

Rumah Makan Ayam Bahagia 71 (Hj. Sunarti)

Jalan Bahagia no. 69-71, Lemahwungkuk, Panjunan, Kota Cirebon.
07.00 – 23.00
(0231) 207 025

_________________________

12. MIE KOCLOK PANJUNAN

Bukan, bukan, ini bukan mie kocok khas Bandung. Tapi, ini Mie Koclok khas Cirebon. Kuliner Cirebon yang unik. Jadi, Mie Koclok itu isinya Mie kuning dengan kol, tauge, suwiran daging ayam dan irisan telur rebus yang disiram dengan kuah yang terbuat dari tepung maizena, kaldu ayam, dan santan kental.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Koclok Panjunan (1)

Kalau kata cerita orang dulu, Mie Koclok itu adalah singkatan dari Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Oke. Ada juga yang bilang kalau ada suara koclok saat menuangkan mie yang baru direbus.

Dari sekian yang buka di siang hari, saya memilih Mie Koclok Panjunan yang dekat dengan Masjid Merah. Karena yang lainnya, kebanyakan buka di malam hari.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Koclok Panjunan
Mie Koclok Panjunan

Mie Koclok ini sekilas mirip mie Celor khas Palembang, hanya saja tidak pakai ebi, justru rasa gurih ayamnya terasa banget. Penyuka pedas, wajib pakai sambal. Dan cara makannya diaduk dulu semuanya baru dimakan.

_________________________

Mie Koclok Panjunan

Jalan Pekarungan no. 104, Panjunan, Lemahwungkuk Kota Cirebon.
15.00 – 22.00
(0231) 207 025

_________________________

13. MIE COLOT

Di pinggir jalan Pekalangan, ada sebuah tenda panjang yang menyajikan mie yamien dengan banyak pendampingnya, misal tahu, siomay, pangsit, dan bakso.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Colot
Courtesy by http://openrice.id

Nama Mie Colot, berasal dari sang empunya, pemilik usaha mie ini. Karena di Cirebon, kebanyakan menamai usahanya dengan nama pemilik.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Colot
Yamien Manis & Asin Komplit – IDR 25.000

Saya mencoba Yamien Komplit, di atas yamien, diberi potongan ayam seperti mie ayam. Ada kuah juga yang isinya bakso, pangsit, dan bakso tahu yang kerasa banget tenggirinya. Membandingkan Yamien Manis atau asin, saya lebih suka Yamien Asin.

Sekalipun saya bisa temukan yamien di kota Bandung, tapi kalo ke Cirebon, worth to try, lah.

_________________________

Mie Colot

Jalan Pekalangan, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon.
10.00 – 21.00
0878 2900 2227

_________________________

14. MIE AYAM JAMUR BANGKA

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Ayam Bangka

Kadang kalau di kota orang, ada aja yang dipengenin. Contohnya pengen mie ayam. Beruntung di Jalan Merdeka, kota Cirebon, ada yang menjual Mie Ayam Jamur Bangka yang kata saya gak kalah rasanya sama di Bandung.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Ayam Bangka (1)

Semangkuk mie ayam yang super banyak, ditambah topping ayam dan jamur yang dimasak kecap yang juga banyak. Beuh! Sekali-kalinya dapet mie ayam sebanyak ini. Apalagi cuma IDR 14.000 doang. (Disclaimer: Harga berubah sewaktu-waktu).

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Ayam Bangka (2)
Mie Ayam Jamur – IDR 14.000

_________________________

Mie Ayam Jamur Bangka

Jalan Merdeka no. 21, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
07.00 – 16.00 (Senin Tutup)
0896 5537 6999

_________________________

15. KWETIAUW MEDAN MERDEKA

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kwetiauw Medan Merdeka (2)

Gak jauh dari Mie Ayam Jamur Bangka tadi, masih di Jalan Merdeka, ada makanan khas Medan yang wajib dicoba. Tapi, yang ini NON HALAL, ya. Dikelola oleh sepasang suami istri yang sudah cukup berumur namun kata saya masih enerjik.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kwetiauw Medan Merdeka (3)

Dari sekian banyak menunya, saya memesan Kwetiauw Goreng Spesial + Cha Sio. Kwetiauw goreng yang dimasak bersama tauge, sawi hijau, bakso ikan, dan kekian (adonan daging babi, udang dan tepung yang dibungkus dengan kembang tahu) setelah matang diberi topping daging babi merah.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kwetiauw Medan Merdeka (1)
Kwetiauw Goreng Special + Cha Sio – IDR 28.000

Rasanya gurih abis! Sedikit basah untuk kwetiau goreng, tapi tidak sebasah seperti nyemek. Daging cha sio-nya juga empuk dan berbumbu manis.

_________________________

Kwetiauw Medan – Merdeka

Jalan Merdeka no. 12-19, Lemahwungkuk, Panjunan, Kota Cirebon.
07.45 – 15.00
0823 1993 3689 / 0878 2981 4838
NON HALAL

_________________________

16. KEDAI SUKA MAMPIR

Masih edisi kuliner Cirebon NON HALAL. Kedai ini layaknya sebuah harta karun yang mesti dicari terlebih dahulu. Karena letaknya berada di sebuah gang kecil yang sama sekali tidak ada petunjuknya. Berbekal nomor telepon, hanya petunjuk sang pemilik yang bisa membawa saya kesana.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kedai Suka Mampir
Mie Tite – IDR 35.000

Direkomendasikan Mie Tite, Mie yamien dengan topping kaki babi, daging cincang, dan kekian dengan sawi hijau rebus. Daging babinya manis gurih, bikin klop sama yamien asin pesanan saya. Cobain juga Bakso Goreng dan Sate Babinya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kedai Suka Mampir (2)
Bakso Goreng

Jangan kira karena ada di gang kecil, kedai ini sepi pengunjung. Justru, banyak orang yang silih berganti makan disini. Jangan heran juga, kalau menjelang tutup, banyak menu makanan yang habis. Jadi telepon dulu sebelum mampir ya!

_________________________

Kedai Suka Mampir

Jalan Lapangan Bola, Gang Dalam V no. 243/265,  Drajat, Kesambi, Kota Cirebon.
08.00 – 16.00 (Senin-Sabtu), 10.00 – 14.00 (Minggu)
0815 6478 1000
NON HALAL

_________________________

17. BAKSO RUDAL MAS KEMET

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Bakso Rudal Mas Kemet (1)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Bakso Rudal Mas Kemet (2)

Kalau mengunjungi Keraton Kasepuhan, persis dipinggir keraton, ada sebuah warung Bakso Rudal yang ternyata punya bakso asli Solo yang enak tenan. Dari depan sudah terlihat plangnya kok, besar banget dan eye catching.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Bakso Rudal Mas Kemet (4)
Bakso
Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Bakso Rudal Mas Kemet (3)
Bakso Rudal Biasa + Ceker – IDR 16.000

Gak pake lama, saya memesan Bakso Rudal Biasa + Ceker. Datanglah seporsi bakso rudal yang mekar seperti bunga, dengan ceker yang melimpah, ditambah sawi putih dan kuah hangat yang masih mengepul.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Bakso Rudal Mas Kemet (5)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Bakso Rudal Mas Kemet (6)

Memang bakso Solo dimana-mana enak! Kuahnya bening bikin tenggorokan hangat, baksonya juga gak banyak tepung, cekernya manis karena dimasak kecap terlebih dahulu, dan tidak terlalu keras. Kalau mau makan pakai mie ayam, oke banget, lho!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Bakso Rudal Mas Kemet (7)
Mie Ayam Bakso Rudal Biasa – IDR 16.000

_________________________

Bakro Rudal Mas Kemet

Jalan Kasepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
10.00 – 21.00
0852 9554 7234

_________________________

18. OTAK OTAK MAMAKE

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Otak Otak Mamake

Selepas Misa di Gereja Katolik Santo Yusuf, Cirebon. Beberapa teman mengajak saya persis ke samping gereja, tepatnya di Jalan Pengampon. Lah, gak sampai 2 menit jalan kaki dari pintu gerbang gereja.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Otak Otak Mamake (2)

Ada penjaja jajanan yang diserbu sama anak-anak. Yang dijualnya adalah otak-otak, tapi ada juga kentang goreng, sosis, nugget, bakso, dan lainnya. Kalau mau pesan, tinggal sebut nominal yang mau dibeli. Sang Mamake, bakal mengambil bermacam-macam yang tersedia.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Otak Otak Mamake (1)

Setelah itu, dipotong-potong dan disiram saus merah yang sedikit manis dan gurih yang sedikit bikin ngeri. Plus bubuk cabai kalau mau pedas. Diberi deh tusuk sate. Voila! Otak Otak Mamake.

_________________________

Otak Otak Mamake

Jalan Pengampon, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
(Samping Gereja Katolik Santo Yusuf)
08.00 – 20.25
0823 1884 7622

_________________________

19. KUE GONJING

Ternyata di Cirebon ada juga Car Free Day yang membentang dari pertigaan Jalan Siliwangi dan Jalan Moh. Toha, sampai Alun-alun kota Cirebon. Sepanjang jalan saya melihat banyak jajanan dan ada yang familiar, tapi beda nama.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kue Gonjing (1)

Saya langsung bilang, “OOOH, Bandros! Kalo di Jakarta sih Kue Pancong.” Jadi, di Cirebon namanya Kue Gonjing. Terbuat dari adonan tepung beras, parutan kelapa, dan gula pasir. Rasanya manis dan renyah karena ada parutan kelapa yang matang.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kue Gonjing (2)
Kue Gonjing

Dijual dari IDR 1.000 perak per buahnya, murah banget kan? Yuk! Jangan pernah malu untuk makan kue tradisional. Kita juga dukung penjualnya supaya makanan tradisional ini gak punah dimakan oleh waktu dan tergerus zaman.

_________________________

Kue Gonjing

Car Free Day Kota Cirebon
Sepanjang jalan Siliwangi sampai Alun-alun kota CIrebon
06.00 – 10.00
_________________________

20. KETAN GURIH NY. LANY

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Ketan Gurih Nyonya Lany (3)

Darit tadi makanan mulu, gara-gara Kuliner Cirebon gak ada abisnya sih ya. Diseling sedikit buat cari oleh-oleh khas Cirebon, ya! Oleh-oleh yang pertama adalah Ketan Gurih Nyonya Lany yang berjualan sejak 1965!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Ketan Gurih Nyonya Lany (2)

Ketannya dibungkus daun pisang, sehingga wanginya enak banget. Dimakan dengan bumbu gurih, seperti kelapa urap tapi ini lebih kering, mirip serundeng. Rasanya manis, gurih, dan sedikit pedas.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Ketan Gurih Nyonya Lany (1)

Terakhir kali, kalau mau pesan, harus dilakukan seminggu sebelum diambil. So, pasti, gak akan menyesal beli, deh. Apalagi kalau udah makan sebiji, pengen buka lagi yang lain.

_________________________

Ketan Gurih Ny. Lany

Cirebon : (0231) 2078 465 / 0812 1485 280 (SMS & Call Only)
Jakarta : 0812 2405 284 (SMS / WA Only)
LINE : listya_nurina

_________________________

21. TOKO ROTI RUBY

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Toko Roti Ruby
Courtesy by: http://cirebonkuliner.com

Kalau di Bandung ada Kartika Sari, Vita Sari, atau Prima Rasa. Di Cirebon, ada Toko Ruby yang berdiri dari puluhan tahun yang lalu menjual berbagai macam roti dan kue.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Toko Roti Ruby (1)

Lagi-lagi, sesuai saran dari teman-teman, kalau Roti isi Ayam menjadi yang favorit disini. Rotinya padat tapi gak bikin seret, isinya daging ayam cincang yang maknyus! Berbumbu, gurih, enak, dan banyak. Cuma agak sedikit asin, kalau menurut saya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Toko Roti Ruby (2)

Gak cuma roti ayam aja, masih banyak roti lainnya, mau yang manis pun ada. Banyak juga jajanan pasar sampai kue-kue cantik yang greget mau dibawa pulang.

_________________________

Toko Roti Ruby

Jalan Tentara Pelajar no. 63, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon.
07.00 – 20.00
(0231) 234 129

_________________________

PASAR KANOMAN

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Pasar Kanoman (2)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Pasar Kanoman (1)

22. MANISAN SINTA

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Toko Manisan Sinta

Kita mulai perjalanan kuliner kita di Pasar Kanoman, pasar yang paling ramai dikunjungi banyak masyarakat dan turis.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Toko Manisan Sinta (2)

Disini banyak banget pedagang kaki lima yang tertata dengan tenda-tenda. Banyak banget yang jualan makanan tersebar dari ujung ke ujung.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Toko Manisan Sinta (4)

Di ujung jalan, ada sebuah toko dengan papan nama besar yang sudah terkenal sejak lama. Aneka manisan, kerupuk, keripik, sampai kecap khas Cirebon tersedia disini. Kalau saya biasanya beli kerupuk udang, karena gak bau tengik, dan enak banget!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Toko Manisan Sinta (1)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Toko Manisan Sinta (3)

Yang cari kerupuk rambak, kerupuk melarat pun semuanya ada disini. Buat ibu-ibu nih, dijamin  bakal betah seharian kalau masuk sini buat belanja.

_________________________

Toko Manisan Sinta

Jalan Lemah Wungkuk no. 37, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
07.00 – 17.00
(0231) 206 980

_________________________

23. ES DURIAN SINTA

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Es Durian Sinta (2)

Cirebon selalu panas dan rasanya makan es durian sesuatu kesegaran yang hakiki. Apalagi keluar dari Toko Sinta, langsung ada durian yang melambai-lambai.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Es Durian Sinta (1)
Es Durian – IDR 20.000

1 cup es krim dengan durian utuh, diberi potongan buah alpukat (kalau musimnya) dan/atau tape ketan, disiram juga sirup tjampolai, dijamin bikin badan gak kerasa panas lagi tapi bentar doang. Kalau abis ya kerasa lagi gerahnya.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Es Durian Sinta (3)

_________________________

Es Durian Sinta

Jalan Lemah Wungkuk no. 37, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
(Persis depan pintu Toko Manisan Sinta)
10.00 – 18.00

_________________________

24. DOCANG

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Docang (2)

Sehabis belanja di Manisan Sinta, mata saya tertuju pada salah penjual Docang. Satu dari sekian kuliner khas Cirebon yang harus dicoba. Docang singkatan dari Bodo (Baceman) Oncom Dage dan Kacang Hijau yang dijadikan tauge.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Docang (1)
Docang – IDR 11.000

Docang berisi lontong, daun singkong, tauge, kerupuk, yang disiram dengan kuah sayur oncom dage atau oncom gembos yang terbuat dari ampas tahu dicampur bungkil kacang tanah. 11k

_________________________

Lemahwungkuk, Pekalipan, Kota Cirebon.
(Dekat persimpangan jalan, ke arah Manisan Sinta)

_________________________

25. TAHU GEJROT

Persis beberapa langkah setelah keluar dari tenda yang menjual docang. Ada tahu gejrot! Pasti makanan ini udah familiar banget dan terpatri jadi Kuliner Cirebon. Khas dengan pikulan, bikin selalu kangen.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Tahu Gejrot

Kalau yang belum tau, Tahu Gejrot itu tahu yang sudah digoreng lalu dipotong kecil, disiram dengan kuah berbumbu cabai, bawang putih, bawang merah, dan gula. Disajikan di piring ceper atau sekarang sih dibungkus ke plastik supaya memudahkan dibawa-bawa.

Dijual mulai IDR 10.000 per bungkus tergantung penjual tahu gejrotnya, rata-rata berisi 10 buah tahu yang siap dimakan dengan bumbu terpisah.

_________________________

Lemahwungkuk, Pekalipan, Kota Cirebon.
(Dekat persimpangan jalan, ke arah Manisan Sinta)

_________________________

 26. SATE LEMAH WUNGKUK

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Sate Lemahwungkuk (2)

Masih sejajaran dengan Toko Manisan Sinta, barangkali 20 meter ada penjual sate yang asapnya mengepul jelas ke jalanan Lemah Wungkuk. Dengan gerobak dan panggangan sate, 3 jenis sate: ayam, sapi, dan kambing dibakar disaat pembeli memesan.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Sate Lemahwungkuk

Ada juga sate usus ayam dan campuran dengan yang lainnya yang bisa dicoba. Mulai berjualan di sore hari dan gampang banget ditemukan.

_________________________

Jalan Lemah Wungkuk, Lemahwungkuk, Pekalipan, Kota Cirebon.
(Dekat 50 meter sejajar dengan Manisan Sinta, hampir seberang Bank BRI Unit Lemahwungkuk)

_________________________

Biar gak bosen, nih intip dulu video saya bersama Mang Ipan (Irfan Qursyan) saat saya ngider bareng.

Nomor 27 hingga 32 sudah pernah saya bahas sebelumnya di artikel Tukang Ngider ke Cirebon. Tapi bakal saya masukkan supaya makin joss! Daripada setengah-setengah, kan? KUY!

_________________________

27. MIE AYAM MERCON

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Ayam Mercon (3)
Mie Ayam Mercon – IDR 10.000

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Ayam Mercon (2)

Mau makan Mie Ayam Pedas yang enak tapi murah? Mie Ayam Mercon di Jalan Olahraga, jawabannya. Semangkuk mie ayam yang sama pada umumnya, hanya topping ayamnya yang pedas dan berani bumbu.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Ayam Mercon (4)

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Ayam Mercon

Disajikan dengan kuah bening yang hangat plus 2 buah bakso. Cuma IDR 10.000 aja, lho! Mantap kan? Ada juga Baso Tahu Bandung dan Es Buah klasik yang sekarang udah jarang ditemuin di Bandung. Ayo, cobain!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Mie Ayam Mercon (1)

_________________________

Mie Ayam Mercon

Jalan Olahraga no. 54, Cirebon.
10.00 – 17.00

_________________________

28. ES DURIAN PAK RONI

Ada penjual Es Durian yang sudah berjualan 28 tahun lamanya di kota Cirebon. Dan sekarang berjualan di depan Kantor Polisi Sektor Cirebon Kota, jalan Veteran, kota Cirebon. Keren banget, kan?

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Es Durian Pak Roni (2)

Tinggal pilih mau yang biasa atau yang spesial. Kalau yang biasa hanya es krim dan duriannya tok. Sedangkan, yang spesial pakai potongan buah alpukat dan/atau tapai ketan. Keduanya diberi susu kental manis dan sirup tjampolai.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Es Durian Pak Roni (1)
Es Durian Spesial – IDR 20.000

Kalau kemanisan, bisa minta kurangin susu kental manisnya atau tidak sama sekali. Pokoknya sueger banget, bikin gerahnya seketika hilang ditengah teriknya kota Cirebon.

_________________________

Es Durian Pak Roni

Jalan Veteran, Cirebon.
Pagi sampai Sore hari

_________________________

29. MARTABAK KRIWIL

Saya menemukan penjual martabak kekinian enak di Cirebon. Tepatnya di Jalan Kembar no. 69, area Stasiun Parujakan, persis di depan kantor Red Guard Security, ada sebuah food truck yang parkir berjualan.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Martabak Kriwil (2)

Saya mencoba Martabak Asin Mozarella, yang isinya sama seperti martabak telur pada umumnya, disini diberi topping keju mozarella yang meleleh. Kudu dimakan dengan saus asam manisnya dan acar timun yang sedikit asam tapi pas.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Martabak Kriwil (4)

Buat yang manis, ada Martabak Greentea Keju. Dari adonan sampai fillingnya semua memakai greentea. Udah gitu ditambah parutan keju cheddar dan susu kental manis. Gak kemanisan, malah enak banget!

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Martabak Kriwil (3)

Harga semua martabaknya mulai dari IDR 23.000 sampai IDR 28.000. Kalau mau kesini, setelah lewat pintu masuk Stasiun Prujakan, ambil lajur paling kanan dan berjalan pelan-pelan, supaya gak terlewat, oke?

_________________________

Martabak Kriwil

Jalan Kembar no. 69, Cirebon.
16.00 – 22.00
0897 600 3003

_________________________

30. LESEHAN ALDAN

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Lesehan Aldan (2)

Di Cirebon ada sebuah daerah bernama Sumber. Awalnya, pengen ngider cari makan Bubur Sop Ayam yang bikin ngiler tapi sayangnya keburu tutup. Pas, lagi ada pembukaannya, masuklah dan makanlah saya di Lesehan Aldan.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Lesehan Aldan (1)

Menu yang ditawarkan adalah ayam, ikan yang digoreng dibakar, dimakan bersama sambal-sambal yang ternyata enak banget! Seporsi nasi hangat, dengan ayam bakar, tempe goreng, cah kangkung, dan sambal hanya menghabiskan IDR 19.000 saja!

_________________________

Lesehan Aldan

Jalan Pangeran Cakrabuana, Sumber, Cirebon.
10.00 – 22.00
0811 2580 905

_________________________

31. KUE TAPEL IBU OOM

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kue Tapel Ibu Oom (3)

Masih ada lagi kue khas Cirebon yang harus dicoba, Kue Tapel. Sekilas mirip kue lekker, tapi berbeda cara masaknya. Adonan tepung beras, kelapa, dan terigu diratakan di atas wok (katel) yang dipanaskan di atas arang.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kue Tapel Ibu Oom (2)

Setelah itu, diberi potongan pisang dan dilumat, dimasak sampai berwarna kecokelatan. Diangkat dan dilipat. Cocok jadi teman ngopi dan aroma pisangnya tercium sekali.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Kue Tapel Ibu Oom (1)
Kue Tapel Ibu Oom – IDR 5.000/buah

_________________________

Kue Tapel Ibu Oom

Jalan Lemah Wungkuk no. 25, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
(Seberang persis Bank BRI Unit Lemahwungkuk)
10.00 – 21.30

_________________________

32. PISANG DAN TAPE BAKAR IBU TEJA

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Pisang dan Tape Bakar Ibu Teja (2)

Persis di sebelah kue Tapel, ada gerobak Pisang dan Tape Bakar yang sekarang dipegang generasi kedua dan menjadi favorit orang luar Cirebon. Pisang dan Tape yang dibakar di atas panggangan arang, yang setelah matang dibelah dua.

Tukang Ngider - Kuliner Cirebon - Pisang dan Tape Bakar Ibu Teja (1)
Pisang dan Tape Bakar Ibu Teja – IDR 10.000

Diberi isian tepung gula, cokelat meses, kacang, dan parutan keju, plus susu kental manis. Seharga IDR 10.000 per porsi sambil nongkrong, momennya pas banget!

_________________________

Pisang dan Tape Bakar Ibu Teja

Jalan Lemahwungkuk no. 25, Cirebon.
(Seberang persis Bank BRI Unit Lemahwungkuk)
16.30 – 21.30
0823 1938 4421

_________________________

AKHIRNYA! 32 rekomendasi Kuliner Cirebon yang wajib dicoba dari Tukang Ngider, SELESAI! Gak sangka, tulisan ini berisi lebih dari 4.500 dengan total 15 halaman A4.

Akhir kata, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat membantu teman-teman yang bingung mau mencari Kuliner Cirebon.

Kalau bermanfaat, bantu saya untuk SHARE kemanapun, apabila kurang bermanfaat, berikan kritik dan saran yang membangun untuk saya.

Saya tahu ini belum lengkap dan masih banyak yang harus dicoba. Maka dari itu, saya akan update terus secara berkala ketika saya kembali lagi ke Cirebon.

Terimakasih untuk kesetiaannya membaca artikel yang super panjang ini. Jangan kapok, ya!

_________________________

VLOG 17
Tukang Ngider Goes To Cirebon

VLOG 21
Wisata Kuliner Cirebon

_________________________

KUY, DER!

Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider
VLOG on Youtube : tukangngider
Instagram : @tukangngider
Facebook Page : Tukang Ngider

_________________________

Perjalanan selama di Cirebon, lengkap di sini.

5 thoughts on “32 Rekomendasi Kuliner Cirebon Yang Wajib Dicoba!”

Leave a Reply