EXPLORE EXPLORE - BANDUNG

Alam Wisata Cimahi: Wisata Paket Lengkap Keluarga di Lembang

Siapa yang kalau ke Bandung, mainnya ke Lembang terus? Hayooo… Tapi tahu gak? Kalau di Cimahi, di jalan Kolonel Masturi yang ke arah Lembang itu, ada satu tempat wisata alam yang oke banget. Namanya Alam Wisata Cimahi.

Bisa dibilang ini jadi paket lengkap buat keluarga yang punya baby dan anak-anak kalau mau bersantai disini. Loh? Kenapa lengkap? Emang ada apa aja? Daripada bertanya-tanya, kita baca.

_________________________

Cari makan di Bandung? Cari aja disini!

Alam Wisata Cimahi (AWC)

Terletak di Jalan Kolonel Masturi KM 4, no. 157. Kalau dari Cimahi, ada di sebelah kiri jalan. Sedangkan kalau dari arah Lembang, ada di sebelah kanan jalan.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (1)

Begitu masuk, kita akan disambut dengan ruang parkir untuk mobil dan motor yang luas banget. Kira-kira puluhan mobil dan motor bisa terparkir rapi dari bawah hingga atas. Bahkan bus saja bisa masuk.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (2)

Ada yang keren di Alam Wisata Cimahi. Tidak ada tiket masuk! Iya, serius. Masuk kesini gratis. Walau tidak semuanya gratis, ada beberapa wahana yang harus berbayar. Tapi, keren kan?

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (17)

Sebelum melangkah jauh, di sebelah kiri setelah parkir motor ada Front Office yang siap membantu kalau kebingungan. Tidak jauh dari sana, ada sebuah cafe di sebelah kiri dan di atas sebelah kanan ada restaurant yang konsepnya saung-saung.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (7)

Kalau mampir ke City Light Cafe, kita bisa lihat pemandangan kota yang terhampar. Apalagi katanya saat malam hari, cuaca yang cerah, bikin mata pasti berbinar-binar dengan cahaya lampu kota Cimahi.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (9)

Sebelum kita mengulas makanan yang ada di restaurant dan cafe, kita jalan-jalan ke wahananya dulu aja, ya! Bersiap mengunjungi lebih dari 10 wahana yang tersedia dan fasilitas yang tersedia. KUY!

_________________________

ATV

Ini wahana pertama yang saya coba, dengan membayar tiket seharga IDR 20.000, kita bisa menikmati pemandangan sekitar Alam Wisata Cimahi yang punya luas hampir 7 Hektar. Luas banget kan, ya?

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - ATV

Dengan trek sejauh 1 kilometer, bisa ditempuh selama 5 menit, tanpa berhenti. Tapi, kita bisa request kok, kalau mau berhenti. Kayak saya, di tengah perjalanan berhenti sejenak untuk mampir ke salah satu ladang yang sedang digarap.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (12)

Ada 2 orang petani yang sedang membersihkan ilalang dan rumput yang tumbuh. Nah, kebetulan ladang yang digarap sedang ditanami bunga kol dan cabai keriting.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (11)

Tidak lama kemudian, saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan, kembali menikmati pemandangan ladang sekitar, dan sampai lagi di pos awal keberangkatan. Walau jalanannya sedikit bikin sport jantung.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (10)

HORSE RIDING

Alias naik kuda! Haha. Saya bingung bikin judulnya apa, jadi yang paling enak pakai bahasa Inggris. Lebih pas. Untuk naik kuda atau delman, kita cukup merogoh kocek senilai IDR 15.000 saja.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Horse Riding

Pilihan saya jatuh pada seekor kuda saja. Saya tanya pemandu yang menemani saya, apa kudanya ada namanya? Eh, ternyata ada, dong. Dan namanya adalah Jordan.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (13)

Ugh! Keren ya! Nama saya saja kalah sama si Jordan. Haha. Kita akan mengelilingi AWC sekitar beberapa ratus meter, buat orang dewasa sedikit membosankan. Tapi kalau buat anak-anak, pasti senang.

JEMBATAN GANTUNG

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (27)

Nah, ini salah satu wahana yang GRATIS! Kalau dari awal masuk, sudah kelihatan jembatan ini. Dari sini juga, kita bisa lihat pemandangan yang sama di City Light Cafe. Tapi lebih spektakuler dan ditambah angin sepoi-sepoi.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Jembatan Gantung (2)

Untuk yang takut ketinggian, lebih baik ditemani saja ya. Tapi, kalau buat coba dan melawan rasa takutnya, pasti bisa.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Jembatan Gantung (1)

MINI ZOO

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (21)

Ada di bagian bawah,  kawasan Alam Wisata Cimahi, terdapat kebun binatang mini. Ada burung-burung, ayam, monyet, iguana, angsa dan anak-anaknya, serta Dombos alias Domba Ostralia (Australia) atau si Shaun the Sheep.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Dombos (1)

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Dombos (2)

Kalau mau lihat angsa dan Domba, kita harus turun lagi ke bawah hingga bertemu sebuah kolam yang cukup besar. Dan katanya ada Ikan Lele raksasa yang masih hidup di dasar kolam.

Menyeberangi jembatan yang keliatannya rapuh bikin deg-degan, tapi tenang, pasti aman. Saya cuma kebayang aja, itu ikan lele raksasa nongol dan mangap. Kebayang ngerinya.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (22)

Katanya, memang ikan lele itu diternak, tapi tidak dipancing selama 7 tahun. Rasanya juga tidak akan gimana-gimana, wong angsa-angsa aja berenang dengan santai. Kalau memang buas, kayaknya juga habis ya angsanya.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (23)

Buat yang mau melihat angsa dan domba, sebaiknya pakai sepatu ya, karena banyak ranjau alias pupuk-pupuk kandang yang bertebaran, hehe. Ya gak apalah, kalau kata salah satu iklan detergen: “Berani kotor, itu baik.”

RUMAH KELINCI

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Rumah Kelinci (2)

Suka yang imut-imut? Ada rumah kelinci yang banyak dan lucu-lucu. Cukup membayar IDR 10.000, kita bisa masuk ke dalam dan semua kelinci pasti menyambut. Baru masuk dari pagar, kelincinya mampir datang, lho. Apalagi kalau bawa makanan.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Rumah Kelinci (1)

Dari yang putih, cokelat, abu-abu, semuanya ada. Saya jamin, kalau anak-anak pasti betah main sama kelinci-kelinci ini. Soalnya, saya aja betah banget, kalau gak inget kepanasan sih pasti seharian didalam.

PANAHAN

Sudah semakin siang, perut juga mulai terasa lapar. Tapi, saya gak bisa menolak untuk berhenti ketika ada wahana panahan. Seketika ingat Katniss Everdeen. Itu loh Hunger Games.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Panahan (1)

Dari dulu saya pengen banget bisa panahan dan disini ada dong! Bahagianya. Cuma di Alam Wisata Cimahi dengan membayar IDR 15.000 bisa main memanah kira-kira 6 kali tembak.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Panahan (2)

Baru pertama kali pegang busur dan anak panahnya, eh, saya hampir kena target yang tengah. Hoki abis! Tapi emang hokinya yang pertama aja, setelah itu ada yang meleset, terus sedikit menjauh dari target di tengah.

KOLAM RENANG

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Kolam Renang (1)

Memang pikir-pikir di Alam Wisata Cimahi, lengkap ya, sampai disini disediakan kolam renang, lho. Untuk ukuran kolam renang, kata saya cukup besar, untuk kids pool-nya juga ada kok. Kalau saya lihat pancurannya, lah rada mirip kayak di Bali gitu, ya. *uhuk, edisi kangen Bali*

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Kolam Renang (2)

AULA, BALLROOM, DAN OUTBOUND

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Aula

Jangan salah, disini juga ada Ballroom yang bisa menampung hingga 600 orang dan terdapat 4 Aula berkapasitas masing-masing 25 orang. Ada paket IDR 75.000 per orang, kita sudah bisa memakai fasilitas aula, ketika selesai outbound dan bermain di wahana yang tersedia.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Outbound (2)

Yap! Ada juga jasa untuk mempersiapkan perusahaan atau institusi yang ingin gathering dan bermain bersama, bisa seperti outbound atau dinamika kelompok. Keren, kan?

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Outbound (1)

LAINNYA

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (18)

Masih banyak wahana lain yang bisa dikunjungi, kebanyakan memang ditujukan untuk anak-anak, sih. Tapi, orang tua yang main kesini, dijamin juga happy bawa anak-anaknya. Dari lihat binatang yang lucu-lucu.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (16)

Sampai naik wahana yang seru bahkan menegangkan. Atau yang kecil-kecil, seperti trampoline, memancing “ikan”, mengeruk tanah, dan lainnya. Pokoknya anak-anak, PUAS!

_________________________

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (25)

Setelah puas bermain, pasti lapar dong. Sip, udah oke banget kan disini, lengkap sampai mau makan juga tersedia. Ada 2 tempat, yang tadi sudah saya sebutkan, ada City Light Cafe yang memang didesain khusus untuk anak-anak muda yang ingin santai. Ada juga restorannya kok.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (26)

Kalau untuk menu makanan, bisa saling silang kok, jadi bisa cicip yang cafe, bisa juga cicip yang restoran. Nah, mau makan apa disini? Saya juga cobain menu-menu yang enak dan khas Sunda banget. Ada apa aja? Ini dia!

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (4)

PAKET BOTRAM – NASI BAKAR

Ini menu andalannya Alam Wisata Cimahi. Paket Botram Nasi Bakar yang maknyus! Yang ini versi 2 porsi ya, bisa order buat yang 4 orang, bahkan langsung banyakan. Semua bisa diatur.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Nasi Bakar (2)

Satu paket botram ini isinya ada Nasi Bakar atau bisa diganti nasi liwet atau nasi putih, ayam bakar dan/atau ayam goreng, ikan asin, tahu dan tempe goreng, pencok kacang panjang, lalapan, dan gak pasti ketinggalan sambal.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Nasi Bakar (1)

Kalau buat saya, sambalnya kurang nendang! Tapi kalau yang gak suka pedas, ini pas pasti. Gak bakal kepedesan. Udah gitu, saya dapat nasi liwet, rasanya enak banget! Ayam goreng maupun ayam bakarnya matangnya merata. Pokoknya kudu coba!

TEMPE MENDOAN

Seporsi tempe mendoan yang buanyak dalam satu piring, buat temen ngopi atau dimakan bareng nasi tadi, enak juga kok. Jangan lupa cocol pakai sambal kecapnya.

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi - Tempe Mendoan

Namanya juga mendoan, alhasil juga memang tidak krispi, tidak sekedar asin aja, tapi juga gurih dan adonan terigunya gak berlebihan.

MINUMAN

Sehabis jalan-jalan keliling, rasanya pas banget kalau minum Es Dawegan, alias es kelapa utuh, diminum langsung dari kelapanya. Apalagi kalau request tambah es batu. Beuh! Mantap puol!

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (24)

Kalo yang sehat-sehat, ada nih Fruit Punch. Campuran jus pepaya dan semangka yang bikin sehat dong. Ternyata, kombinasi kedua buah ini enak juga. Cobain aja kalau kesini ya.

_________________________

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (5)

Tukang Ngider - Alam Wisata Cimahi (19)

Jadi, kalau ke Bandung, gak melulu harus ke Lembang. Alternatif kalau malas karena macetnya jalan ke Lembang bisa kok kesini. Main bareng keluarga, dari main air, sampai liat pemandangan ladang, bisa ketemu disini. Asyik? Ayo deh rencanakan ya ke Alam Wisata Cimahi! Kuy, der!

_________________________

VLOG
Wisata Keluarga Lembang | Alam Wisata Cimahi | VLOG 19

_________________________

Alam Wisata Cimahi
Jalan Kolonel Masturi KM. 4 no. 157, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi.
022 270 0228

_________________________

KUY, DER!

Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider
VLOG on Youtube : tukangngider
Instagram : @tukangngider
Facebook Page : Tukang Ngider

Leave a Reply