RANDOM

ASTRA! Kau menginspirasiku dan Indonesia, tentunya.

22 tahun saya lahir dan hidup di bumi pertiwi: Indonesia, saya baru ngeuh, ternyata perusahaan keren asal Indonesia yang identik dengan Honda adalah Astra! Eh, ini beneran lho ya, tanpa embel-embel manipulasi atau kebohongan yang sengaja dibuat-buat.

Bermula ketika saya yang kali itu berkesempatan ke Jakarta naik shuttle car dari Bandung dan otomatis melewati jalan tol. Jalan tercepat sampai saat ini untuk akses ke Jakarta. Sampailah di area Cikarang. Yang biasanya saya duduk di belakang kursi sang supir, kali ini saya duduk berseberangan dengan kursi supir.

Yang biasanya saya cuek dengan keadaan jalan Tol yang kelihatannya lurus-lurus aja, padahal mah berkelak-kelok, naik turun tanjakan, menembus gunung dan jembatan, sambil mendengarkan musik. Kali ini saya memperhatikan dengan seksama ketika memasuki area Cikarang dan sekitarnya.

Screenshot_4
source: https://goo.gl/r8bQQv

Terpampang nyata sebuah bangunan besar nan luas, dengan tulisan segede gaban: PT. Astra Honda Motor (AHM). Dahi mengernyit. Awalnya bingung, loh, Honda itu Astra ya? Alhasil, gak pake lama, mumpung lagi pegang hape, googling-lah tentang Honda.

JEGER! Memang benar, Astra adalah perusahaan yang menaungi Honda di Indonesia sebagai distributor tunggal sepeda motor Honda. Bukan cuma itu, eh ternyata Toyota, Isuzu, dan Daihatsu pun sama. Juga importir BMW dan Peugeot. WOW! Mulut ini cuma bisa menganga tanpa henti.

images
source: google.com

Walau tidak dipublikasikan secara umum, informasi yang baru saya ketahui, tapi rasanya ini kebodohan saya. Bodoh banget ketika sehari-hari pakainya motor Honda, sesampainya kembali ke Bandung, saya mengecek motor saya dan memang ada tulisan Astra Honda Motor.

Pantas saja, bicara selain motor, kebodohan saya lainnya adalah kok mobil seperti Toyota Agya; Cayla dan Daihatsu Ayla; Sigra kok mirip ya desainnya, wah dalah emang ternyata 1 pabrikan kalo di Indonesia. Padahal bisa cari tahu sendiri di zaman yang modern ini. Uhuk!

Masih ada satu lagi, kalau ini sih gak nyangka banget, ternyata Bank Permata pun dimiliki PT. Astra International bersama Standard Chartered Bank. Makin bikin amazed sama perusahaan multinasional yang satu ini.

Cerita di atas ini masih permulaan ya.

Cukup buat ngomongin kebodohan saya. Habis ini saya mau cerita salah satu hal tentang Astra yang menginspirasi saya. Saya membaca filosofi perusahaan yang terus dipegang Astra selama 60 tahun berkarya di Indonesia. Bernama Catur Dharma, pedoman cara kerja grup Astra.

Diantaranya: Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, Menghargai individu dan membina kerja sama, dan Senantiasa berusaha mencapai yang terbaik.

Kendaraan yang saya pakai sehari-hari pun menemani saya, sudah sejak saya masih di bangku sekolah menengah atas hingga hari ini. Total 7 tahun, dimulai dari motor jadul Honda Astrea Star dan sekarang Honda Revo keluaran tahun 2008.

Saya yakin kalau filosofi perusahaan melekat dari hulu ke hilir, saya merasa ketika lini bisnis terdekat dengan masyarakat hadir melalui AHM Service Center. Dengan pelayanan ramah dimanapun saya datang untuk service motor, senyum setiap petugas yang mengembang dari awal hingga akhir.

service-pit-wing-dealer-1
source: astra-honda.com

Beberapa bulan lalu, saya melihat unggahan foto teman saya di Instagram dimana teman saya diterima menjadi salah satu peraih Beasiswa #Astra1st 2017. Beasiswa populer dikalangan mahasiswa/i yang berasal dari perusahaan swasta.

Tidak hanya beasiswa, terdapat program pendampingan komprehensif selama 1 tahun untuk mengembangkan kompetensi teknis dan non-teknis, kesempatan belajar di Astra Group, hingga bekerja di PT. Astra International setelah lulus.

Screenshot_2017-12-18-09-22-38-221_com.instagram.android-01
source: instagram.com/astra_career

Perjuangan yang ditempuh tidaklah mudah, bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang dari seantero kampus di Pulau Jawa. Wawancara, was-was menunggu hasil hingga diterima.

Ini salah satu hal yang saya ketahui secara gamblang, sesuai dengan salah satu Catur Dharma PT. Astra International untuk menghargai individu dan membina kerja sama. Dimulai dari bibit-bibit potensial yang dibentuk secara berkelanjutan.

ScreenHunter_51 Dec. 18 09.36.jpg
source: astra.co.id/csr

Saya juga membaca ketika PT. Astra International menyalurkan dana-dana CSR dengan tidak tanggung-tanggung melalui 9 Yayasan, dana-dana untuk kontribusi perusahaan terhadap masyarakat dan negara ini bergulir di bidang pendidikan, seperti Beasiswa Astra 1st tadi; Lingkungan; Kesehatan; dan Usaha Kecil Menengah di negeri ini.

Salut! Perusahaan sebesar ini pasti mencetak laba yang sangat besar, apalagi tiap tahun saham PT. Astra International selalu naik tidak membuat perusahaan yang menginspirasi saya ini lupa begitu saja dimana bumi ini dipijak.

Astra-Internasional-Logo-01
source: astra.co.id

Saya selalu percaya kalau apa yang kita tabur selalu baik, tentu apa yang akan kita tuai juga baik. Semoga semakin bertambah usia ke 60 tahun ini, PT. Astra Internasional semakin berjaya dan berkembang menginspirasi dunia. Terimakasih PT. Astra Internasional 🙂

Leave a Reply