EVENT

Belajar Menunggu Berbuka Puasa

Belajar itu setiap hari dan gak mengenal tempat kan ya? Sama halnya saya ketika mendapat kesempatan untuk mendapat sebuah ilmu yang baru demi kelangsungan hidup saya sebagai blogger. Ceileh.

“Don’t judge a book by its cover”

Banyak hal yang pada akhirnya bikin saya cuma bilang “Ohhh, begitu ya.” Banyak ilmu yang harus saya gali terus dalam dunia per-bloggeran ini. Selama ini, saya baru tahu permukaannya saja.

Kalau digambarkan dengan gunung es yang mengapung di lautan. Ya saya baru tahu atasnya saja, padahal kalau menyelam ke bawah, banyak banget yang harus saya pelajari disini.

Tukang Ngider - Belajar Menunggu Berbuka Puasa (7)

Kalau ada yang bilang, “Jadi blogger itu enak ya, nulis aja udah bisa dapet duit.”, tolong segera revisi atau anda hiduplah menjadi seorang blogger yang harus tahu seluk beluknya dunia blogger ini.

Karena rumput tetangga sebelah pasti akan lebih hijau, mulut lebih gampang nyinyir. Padahal gak tau apa apa, gak tau ribetnya, gak tau pengorbanan sebagai seorang blogger itu seperti apa. #CurhatModeOn.

_________________________

Main ke Lalalaway.com

Kali ini, saya berkesempatan untuk ngabuburit sambil belajar sambil menunggu waktu berbuka puasa. “Lho! Memangnya Tukang Ngider, berpuasa?”

Tidak, saya tidak berpuasa, tapi emangnya saya gak boleh ikutan ngabuburit terus ikutan buka puasa bareng gitu? Boleh kan?

Tukang Ngider - Lalalaway (5)

Karena boleh, jadilah saya mendatangi kantor lalalaway.com, sebuah situs booking hotel yang berada dibawah naungan MG Group, di Jalan Majapahit no. 16, Jakarta Pusat.

ScreenHunter_59 Jun. 10 17.48

Sekilas nih, tentang lalalaway.com, dengan tampilan yang kece banget nih. Semua hotel yang ditawarkan cuma hotel bintang 4 dan hotel bintang 5. Masalah harga? Hotel Four Season Jakarta aja punya diskon 40%, mantap toh?

Familiar ya dengan Lalalaway? Iya, saya sudah pernah bahas lalalaway.com ini di postingan – Anti Kamar Hotel Zonk! Yang belum baca, monggo diklik aja terus dibaca cerita saya disitu.

Tukang Ngider - Belajar Menunggu Berbuka Puasa (8)

Mau ngapain kita disini? Saya mau meraih ilmu baru yang bagi saya setiap ilmu apapun itu, selalu penting untuk saya. Dan benar saja, kalau niatnya untuk mencari sesuatu hal yang positif, pasti akan diberikan jalan yang mudah.

Berhubungan sama Facebook nih, saya belajar buat memanfaatkan Facebook. Mempromosikan Blog kita melalui Facebook hingga menjadi salah satu mesin pencetak uang buat Blogger melalui Facebook Ads. Keren kan?

Tukang Ngider - Belajar Menunggu Berbuka Puasa (1)
Mas Darwin – lalalaway.com

Materi ini dibawakan oleh Mas Darwin dari Lalalaway.com dan Mas Rendra Saputra dari Bukalapak.com dan Akupaham.com.

Dengan prolog yang menyadarkan saya akan peluang Facebook dari segi pengguna aktif di Indonesia saja mencapai 130 juta jiwa! Cihuy banget kan?

Tukang Ngider - Belajar Menunggu Berbuka Puasa (2)
Rendra Saputra – SEO Spv. Bukalapak.com

Saya akan ceritakan sedikit materinya, bukan karena saya pelit, tapi kalau saya ceritakan seutuhnya, takutnya yang baca gak ngerti bahkan males bacanya. Hehe.

Tukang Ngider - Belajar Menunggu Berbuka Puasa (9)

Saya simpulkan alasan memakai iklan di Facebook untuk memaksimalkan brand awareness sebuah produk atau jasa kita, sebagai berikut:

  1. Greater Visibility

Mudah banget diakses oleh semua orang, pengguna aktif Facebook di Indonesia itu memakai Facebook sampai 7 jam setiap hari.

  1. Precise Targeting

Mengiklan di Facebook bisa dianalisa, karena sistemnya berjangka. Kita dapat memilah dari segi demografi, usia, jenis kelamin, hingga daerah sebuah iklan dapat ditampilkan.

  1. ROI Measurement Visible

Semua iklan di Facebook dapat terukur karena Facebook mempunyai indikator iklan masing-masing.

  1. Various Cost Models Available

Facebook mempunyai varian harga yang dapat dipilih oleh pengiklan. Dari mulai yang murah hingga termahal.

  1. Generator Quality Leads

Kualitas iklan dapat ditentukan oleh seorang pengiklan, jangkauan kualitas akan dipengaruhi juga dengan target.

Begitulah kura-kura. Di akhir materi, saya bersama belasan blogger lainnya bermain sebuah permainan dengan menjawab tentang lalalaway.com. Lucunya, permainan ini memakai Kahoot, sebuah aplikasi penyedia permainan hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Tukang Ngider - Belajar Menunggu Berbuka Puasa (4)

Ada 20 pertanyaan, salah satunya menanyakan perbedaan lalalaway.com dengan situs online travel agent lainnya itu apa sih? Ya jelas dengan konsep Flash Sale-nya dong. Dapetin hotel sekelas bintang 4 bahkan bintang 5 cuma seharga budget hotel. Keren kan?

Tukang Ngider - Belajar Menunggu Berbuka Puasa (3)

Rezeki emang gak kemana sih, biasanya saya gak pernah menang, atau boro-boro kalau ada undian tuh bisa dapat hadiah. Eh kali ini, saya jadi juara pertama. Jadi terharu…

Tukang Ngider - Belajar Menunggu Berbuka Puasa (5)

Karena adzan sudah berkumandang, jadi lebih baik, berbuka puasa terlebih dahulu saja. Sambil makan, sambil berkoneksi satu sama lain. Sehabis makan, gatel buat foto di salah satu ruangan yang kece banget.

Tukang Ngider - Belajar Menunggu Berbuka Puasa (10)

Dan di akhir acara, semua orang yang hadir, berfoto bersama. Seru! Thank you lalalaway.com buat kesempatannya bagi saya, menambah ilmu, menambah teman, dapat hadiah yang jos gandos! Emang bener nih “The happy way to travel”.

_________________________

KUY, DER!

Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider
VLOG on Youtube : tukangngider
Instagram : @tukangngider
Facebook Page : Tukang Ngider

2 thoughts on “Belajar Menunggu Berbuka Puasa”

Leave a Reply