EXPLORE EXPLORE - YOGYAKARTA

Candi Ijo – Keromantisan yang Dramatis

Ketika suasana dramatis dipertemukan dengan keromantisan. Di bawah gagahnya candi-candi yang berdiri tegap di antara bukit berundak. Memamerkan diri diantara hamparan cahaya pemandangan kota yang berkilau dari kejauhan.

Mengejar sunset di hari kedua saya putuskan untuk mengunjungi Candi Ijo yang letaknya masih berada di daerah Sleman Timur. Banyak orang bertanya mengapa tidak di Candi Ratu Boko saja?

IMG_20160617_155738

Memang bagi saya, untuk dapat spot-nya memang lebih baik di Candi Ratu Boko. Tetapi, saya sudah pernah mengunjunginya 23 tahun yang lalu. Mungkin, akan saya bahas dan saya review nanti setelah bongkar lagi stok kenangan 3 tahun lalu ya :’)

IMG_20160616_133900

Perjalanan dari Candi Abang ternyata memakan waktu setengah jam dan di jalan saya sudah harap-harap cemas karena langit sudah semakin sore dan semburat langit matahari terbenam sudah mulai menampakkan diri. Semakin dag dig dug ketika jalan menuju Candi Ijo ternyata menanjak tajam. Untungnya, jalanan dari bawah hingga hampir ke atas sudah dibeton. Tapi tetap ada beberapa jalan yang belum diperbaiki.

Salutnya saya dengan pemerintah daerah sekitar sana cepat tanggap dengan mendukung tempat-tempat pariwisata, sehingga banyak pengunjung dan pelancong yang terpuaskan dengan akses jalan yang dituju.

20160429_172228

Saya sampai pada lahan parkir yang disediakan untuk menuju Kompleks Candi Ijo. Lagi-lagi, semakin was-was karena mendengar pernyataan penjaga parkir kalau Candi akan ditutup dalam waktu 30 menit lagi. Nah loh. Akhirnya, gak pake waktu lama, saya lari-lari manja ke pos penjaga pintu masuk Candi Ijo.

20160429_172301

Untungnya, penjaga Candi Ijo, bapak Satpam yang bertugas memberitahu masih terbuka untuk pengunjung selama 45 menit. Sebelum itu, setiap pengunjung diwajibkan menuliskan identitas pada log book yang telah disediakan. Di dalamnya kita wajib menulis nama, jumlah pengunjung dan asal pengunjung. Yang pasti Bandung bisa eksis di buku itu :D.

IMG_20160616_133900

Melewati pos penjagaan, saya memasuki kompleks Candi Ijo. Dan ternyata kawasan Candi Ijo lumayan besar. Sesuai dengan namanya, semua tampak hijau di mata. Kecuali candinya ya. Disebut Candi Ijo karena Candi ini berada di sebuah Gumuk (Bukit) Hijau atau yang ditumbuhi rerumputan. Segeer.

IMG_20160616_135527

Tanpa banyak cingcong, saya mulai mengambil foto-foto, banyak spot bagus yang saya akui bisa saya jelajahi kalau saja saya tidak datang mepet. Dengan situasi pengunjung yang mulai ramai, mau gak mau, people in frame too much! Saking banyaknya, saya memutar otak untuk mengambil momen-momen yang memang keren abis di Candi Ijo ini.

20160429_171841

Candi Ijo sendiri sekilas mirip dengan Candi Ratu Boko, kalau tidak salah ingat, bedanya Candi Ijo ini menurut saya lebih besar dibanding Candi Ratu Boko. Ada 4 bangunan candi, 1 bangunan candi terbesar dan 3 bangunan candi seperti benteng yang menemani candi  utama yang menghadap barat. Dan langsung terpampang memandangi pemandangan kota Jogja dari atas bukit. Bahkan, Bandara Adi Sucipto terlihat jelas dari sini.

20160429_171837

Di bawah 4 candi tersebut, masih ada 1 candi tetapi kondisi candi tidak seutuh candi yang berada di atas bukit atau kawasan utama. Dan sayangnya sudah terlalu gelap untuk terus explore Candi Ijo ini.

20160429_174622.jpg
Garis kuning itu jalanan kota Jogja, sekitar Ring Road Utara sepertinya.

Angin semilir menemani senja, matahari kembali ke tempat peraduannya. Walaupun sudah 2 hari ini, sunset tidak terukir dengan sempurna, tapi saya tetap kagum dengan suasana senja yang romantis di tempat yang bagi saya dramatis. Ada kesan mistis bukan spooky, tetapi beda yang bisa saya rasakan apalagi saat senja.

IMG_20160517_131501

Sesal karena tidak bisa menjelajahi seluas-luasnya Candi Ijo tidak sebesar rasa kagum dan syukur saya dengan setiap pemandangan yang bisa saya lihat dengan mata kepala saya sendiri. Ada rasa yang selalu saya tidak bisa ungkapkan dengan kata-kata, tetapi hanya dengan diam memandang pemandangan indah itulah bisa saya ungkapkan.

IMG_20160620_123633

Well, kenikmatan dunia inilah yang harus sering-sering dirasakan oleh kita sebagai manusia dan tentunya syukur kita kepada sang Pencipta yang boleh memberikan kesempatan bagi kita untuk mencicipi seluruh keindahan yang Ia ciptakan.

Hari Kedua #TukangNgiderGoesToJogja berakhir di Candi Ijo. Siap-siap di hari ketiga!

Summary of destination
? Candi Abang
✉ Desa Sambirejo, Prambanan, Kecamatan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
⏰ 07.00 – 18.00
? Tiket Masuk : GRATIS! ; Parkir motor Rp. 3.000,-

Salam Ngider!


Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider
Instagram : @tukangngider

Leave a Reply