Bandung Food

Kudeka – Oleh-oleh Anti Mainstream

Setelah 3 bulan saya harus vakum untuk menulis dan update blog kesayangan saya ini. Akhirnya, hari ini saya bisa kembali posting satu artikel yang memang harus segala sesuatunya dipaksakan kalau mau tetap aktif. Setidaknya, persiapan posting setelah artikel ini sudah disiapkan dan dicicil supaya bisa terus update. Doakan saja ya! Selamat membaca artikel ini 🙂

Sekilas melihat dari namanya saya langsung ingat sebuah toko kue yang berada di jalan Maulana Yusuf. Dan seketika pula dibantah oleh sang empunya dari Kudeka sendiri. Mohon dimaafkan atas kekhilafannya. Mungkin ini ujian *apacoba*.

Sedikit curhat, karena saya tinggal di Bandung, saya seringkali ditanya pertanyaan : “Apa sih oleh-oleh khas Bandung?”Karena tidak mau pusing, saya kembali bertanya kepada teman-teman bahkan orang-orang yang sudah lama tinggal di Bandung. Hasil jawabannya adalah Brownies, Pisang Molen, sampai-sampai Keripik Maiicih. Hmm, sounds great.

Setelah disetor nama-nama tersebut, kembali muncul pertanyaan: “Ada yang lain lagi gak? Udah bosen itu-itu aja.” Sip, terimakasih atas siksaan pertanyaan yang dikira bakal selesai. Saya harus memutar otak lagi, sampai-sampai harus bisa menjawab, “Rasanya kalau yang mainstream sih itu aja. Tapi kalau ada nanti dikasih tahu deh ya.” Jawaban pamungkas menyudahi percakapan. *senyum jahat*

Beruntunglah, ada satu penyelamat jawaban di kala pertanyaan terakhir yang sungguh membingungkan. Thanks to Kudeka. Sebuah toko kue yang mungil, berdiri di kawasan Pajajaran. Di dalamnya menjual aneka roti, kue, kukis, patiseri, dan pie. Sekarang, giliran saya menjawab pertanyaan itu dengan sungguh-sungguh: “Kudeka!”

____________________________________________________

20161108_130858-01
Workshop Kudeka
20161108_124900(1)-01
Workshop Kudeka

Tidak banyak yang tahu kalau Kudeka mempunyai workshopnya di Jalan Sinta. Seperti saya yang sedikit kaget ketika menemukan sebuah rumah mungil yang lucu dengan cat serba putih. Lebih uniknya lagi ada papan nama Kudeka yang terbuat dari kayu yang dicat. Sekilas memang tampak seperti toko kue yang tutup. Tetapi setelah kita mengetuk pintu, pintu toko akan dibukakan oleh sang empunya. Dan sejuk terasa ketika sudah berada di dalamnya.

20161108_124841-01
Ini lucu banget 😀

20161108_124931-02

Kalau saya lihat dari foto di atas, Kudeka punya lima andalan yang bisa dicoba nih dari: Cinnamon Rolls, Picnic Roll, Pie, Strudel, dan Cake nya. Mantap kan? Giliran saya untuk membalas dendam atas pertanyaan-pertanyaan membingungkan dengan 3 item andalan Kudeka. Siap?

IMG_20161127_143947

Untuk Cinnamon Rolls nya sendiri, Kudeka punya 7 pilihan rasa: Apple Crumble, Blueberry Lemon, Espresso Chocolate, Oreo Cream Cheese, Sticky Caramel Walnut, Original, dan Meat and Cheese. Kalau kepunyaan saya, ada Apple Crumble, Original, dan Cream Cheese.

Saya pikir based nya itu adalah puff pastry, tapi ternyata roti yang rasanya enak banget, gurih, empuk, dan gak bikin seret lho. Rasanya juga gak lebay, manisnya pas. Pokoknya kayak makan kue-kue yang diimpor dari Eropa gitu. Kalau ditanya mana yang jadi kesukaan saya, favorit saya jelas untuk Original dan Cream Cheese nya. Dabest!

20161108_130909-01

Itu untuk penganan yang manis, sedangkan untuk penganan asin yang tidak akan saya lewatkan untuk saya rekomendasikan adalah Kudeka’s Picnic Roll! Sangat beruntung bagi saya untuk mencoba Beef Picnic Roll yang rasanya bener-bener mantap! Dan wajib untuk dijadikan buah tangan dari Bandung.

20161108_125742-01-01
Beef Picnic Roll

Kebayang gak? Dari awal membuka packagingnya aja udah bisa tahu kalau bakal enak banget. Gak cuma itu, dari kulit puff pastrynya aja udah kerasa dari dalamnya. Isi dari picnic rollnya itu ada daging sapi cincang yang berbumbu banget, potongan telur rebus, ada smoked beef, dan keju.  Ditambah lagi puff pastrynya crispy. Mantap kan?!

IMG_20161112_075951

 

Dan sampai sekarang Beef Picnic Roll Kudeka jadi yang paling enak selama saya mencoba diantara yang lainnya. Kata saya lho ini. Saya juga yakin kalau dipesan untuk dijadikan oleh-oleh pasti bakal istimewa. Baiknya, pesan satu hari sebelumnya supaya bisa dapat hasil yang fresh from the oven.

Jadi, lunas ya buat pertanyaan oleh-oleh dari Bandung yang anti mainstream 🙂 Kuy order!

____________________________________________________

Summary Of Destination:
Kudeka
Jalan Sinta no. 35, Kota Bandung
Pemesanan & Whatsapp: +62 878 3488 0555
____________________________________________________

Salam Ngider!
____________________________________________________
Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider
Instagram : @tukangngider
Facebook Page : Tukang Ngider

 

Leave a Reply