FOOD FOOD - BANDUNG

Marfee: Martabak & Coffee Bar

Apa jadinya kalau nongkrong dan ngopi, cemilannya martabak asin? Atau martabak manis? Nah! Ada Marfee: Martabak & Coffee Bar yang bisa jadi tempat nongkong sambil ngopi dikala menunggu kemacetan setelah jam pulang kantor.

CMIIW! Setahu saya, kayaknya cuma Marfee doang deh yang jadi cafe Martabak & Coffee Bar di Bandung. Belum kebayang lagi sih adakah yang sama seperti Marfee atau tidak. Tapi, kalau ada bisa dong kasih tau saya ya!

Cari tempat makan di Bandung? Klik sini aja.

_________________________

MARFEE: MARTABAK & COFFEE BAR

Terletak di Jalan L. L. R. E. Martadinata no. 47, Bandung. Marfee berada persis di depan bangunan The Secret FO. Bangunannya terpisah dengan bangunan FO di lantai dua dan tiga.

Tukang Ngider - Marfee (8)

Cukup menaiki tangga dari area parkir dan sesampainya di atas, kita memasuki sebuah ruangan untuk memesan martabak apa yang kita mau.

Tukang Ngider - Marfee (2)

Tukang Ngider - Marfee (7)

Dua lantai bisa kamu pilih, tempat dimana bisa kamu duduk. Kalau ada yang mau cari angin, bisa di lantai tiga, sebuah balkon yang cukup besar sambil melihat pemandangan sekitar. Gak terlampau tinggi sih, tapi oke.

Tukang Ngider - Marfee (5)

Tukang Ngider - Marfee (3)

Kalau yang mau indoor, bisa di lantai dua, persis di depan kasir ada dua kursi sofa yang empuk abis. Kali aja bikin mager, gak mau pulang bawaannya.

Tukang Ngider - Marfee (4)

Tukang Ngider - Marfee (1)

Saatnya, pertanyaan:
KALIAN TIM MARTABAK ASIN ATAU MARTABAK MANIS?!
Daripada ribut sendiri, lanjut dulu yuk!

_________________________

MARTABAK ASIN

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (1)

Kita cobain yuk martabak asinnya Marfee. Ada 3 pilihan martabak asin disini. Ada yang ayam, sapi, atau kornet. Pilihannya ada yang biasa dan spesial.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (2)

Udah gitu, kita juga bisa tambah topping. Contohnya ada keju, mie, atau jamur. Asyik juga ya kalau di dalamnya ada mie kayak gitu. Giliran saya coba yang Martabak Asin yang ayam dan sapi, tanpa topping apapun.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (3)

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (4)

Lah? Tadi bilang kayaknya asyik? Kok malah pilih tanpa topping sih? Haha, ya sebenarnya biar tahu dulu rasa aslinya seperti apa. Baru kalau di aneh-anehin punya perbandingan.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (5)

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (6)

Gak ada yang berbeda dari cara pembuatan, yang asyik disini, bawang daunnya segar dan buanyaaak pol!

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (7)

Dicampur dengan telur dan gak lupa seasoning: garam, gula, dan merica. Tentunya, daging-daging yang sudah dicincang, dicampur jadi satu.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (8)

Apalagi adonan kulitnya kayaknya mulus banget ya, dikembangin sampai besar banget. Pas digoreng juga crispy banget. Mantap! So, gimana rasanya?

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (9)

Dengan campuran yang sama, masing-masing antara yang ayam dan sapi tidak terlalu beda rasanya. Perbedaannya adalah pada tekstur daging saja sih. Daging sapi lebih bertesktur.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (10)

Rasanya? Yummy! Renyah di luar, lembut di dalam. Untuk ukuran martabak asin, ini tebal banget. Walau banyak daun bawangnya, tapi gak jadi bikin dominan rasanya, karena takaran bumbunya pas.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (11)

Mungkin karena saya suka makanan yang berbumbu banget, bagi saya ini kurang dikit. Tapi, tetep enak kok ah. Buktinya (hampir) habis sendirian.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Asin Martabak Telur (12)

Oh ya, makin enak juga karena ada saus celupannya. I think, ini campuran dari saus tomat dan saus cabai, tapi rasanya lebih manis. Ditambah makan pakai acar cabai rawit dan timun yang asam segar, TERBAIK DEH!

_________________________

MARTABAK MANIS

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (2)

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (3)

Giliran martabak manis, yuk! Mau pilih yang mana nih? Ada martabak yang mainstream, martabak manis gulung, martabak tipis kering, atau yang mini.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (4)

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (5)

Buat yang gak terlalu suka martabak manis, martabak mini bisa jadi pilihan sih. Bentuknya kecil untuk beberapa kali suap, rasanya pas banget.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (6)

Banyak juga toppingnya yang bisa dipilih, seperti: polos, keju, greentea, nutella, masih banyak banget rasa-rasanya. Dijamin bingung kalau mau pesan martabak manis.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (7)

Saya? Cobain Martabak Gulungnya aja yang simple: cokelat, kacang, dan keju. Apa yang spesial dari martabak gulungnya Marfee?

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (8)

Proses masaknya tetap sama kok. Dengan based yang ditabur gula pasir, tidak terlalu banyak, setelah matang dioles dengan mentega, ditabur cokelat meses, kacang tanah, dan parutan keju. UGH!

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (9)

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (10)

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (11)

Lalu setelah semua ditabur, disiram susu kental manis, digulung, dan dipotong-potong. Jadi deh martabak manis gulung Marfee. Rasanya? Basednya pas banget, gak terlalu manis, tapi memang karena isinya banyak juga.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (12)

Secara keseluruhan, adonannya moist banget, agak berminyak karena menteganya meleleh. Buat saya, untuk orang yang tidak terlalu suka martabak manis, ini sedikit kemanisan bagi saya. Tapi enak kok.

Tukang Ngider - Marfee - Martabak Manis Terang Bulan (13)

Apalagi pas di atas, angin berhembus, ditemani sebuah kopi panas. Ngobrol sama orang terdekat di lantai teratas, cucok meong deh.

_________________________

MINUMAN

Tukang Ngider - Marfee - Minuman (1)

Tukang Ngider - Marfee - Minuman (2)

Sebagai yang bukan penggemar kopi, saya memlilih Green Goblin, minuman bersoda yang seger banget! Pakai sirup melon yang diseduh dengan soda, ditambah es batu, dan diberi dua buah lychee.

Tukang Ngider - Marfee - Minuman (3)

Diminum lagi bersantai juga, duh, mantap banget. Ada juga kopi kok di Marfee, mulai cappucino, latte, kayaknya ada juga semua disini, tinggal pilih yang kamu suka.

Tukang Ngider - Marfee - Minuman (4)

_________________________

Tukang Ngider - Marfee (6)

Jadi, kapan lagi bisa ngopi dan nyantai disini, sambil makan Martabak. Buka dari pagi sampai malam, jadi gak bikin kamu galau kalau seketika ngidam martabak. Aselole! Kuy, der!

_________________________

Marfee: Martabak & Coffee Bar
Jalan L.L.R.E. Martadinata no. 47, Bandung.
0812 2312 3235
_________________________

KUY, DER!

Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider
VLOG on Youtube : tukangngider
Instagram : @tukangngider
Facebook Page : Tukang Ngider

_________________________

8 thoughts on “Marfee: Martabak & Coffee Bar”

  1. Kuliner di Bandung emang juara sih.
    Selalu bikin pengen nyobain kuliner baru kalo disana. Hahah.
    Btw tempatnya cozy banget ya mas.
    Asik kayaknya kalo dipake kongkow2 bareng temen

  2. Seriuuss…
    Aku penggemar martabak manis… #timyangmanismanis
    Hahha…

    Dan kalo ngliat digulung gitu…jadi keingetan bolu yaa…
    Yuumm…kalo nutella, pasti coklatnya sampe lumer-lumer tuuh…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.