FOOD FOOD - BANDUNG

Pho Ngon: Pho Enak!

Sejujurnya seumur hidup saya, saya belum pernah yang namanya nyobain makanan khas Vietnam, lho. Walau jadi food enthusiast, masih banyak makanan khas dari negara lain bahkan dari daerah di bumi pertiwi ini yang belum dicoba. Malu? Tidak dong! Justru semakin termotivasi. Untungnya ada Pho Ngon!

Pho Ngon, Restoran Pho yang terenak yang pernah saya kunjungi!

Tukang Ngider - Pho Ngon

Well, sejak bulan Mei 2017 lalu, di kawasan perumahan Istana Mekar Wangi, berdiri sebuah restoran khas Vietnam yang logonya terpampang nyata. Aheuy! Namanya Pho Ngon. Pho itu nama sebuah hidangan mie kuah dari Vietnam dan Ngon artinya enak!

Tukang Ngider - Pho Ngon

Yap! Sesuai dengan nama restorannya, disini menghadirkan hidangan khas Vietnam bernama Pho. Di Vietnam itu, Pho adalah mie yang terbuat dari tepung beras, berkuah kaldu sapi, bisa juga dari kaldu ayam, dan kaya akan bumbu. Nah, Pho itu street food yang terkenal banget kalau di Vietnam.

Tukang Ngider - Pho Ngon - Pho

Pho juga tidak terlepas dari sejarah panjang ketika Vietnam dijajah oleh Bangsa Perancis, kata Pho diambil dari hidangan khas Perancis pot-au-feu atau Beef stew, kalau di Indonesia, maybe Selat Solo atau Bistik sapi. Sejauh mana hingga menjadi Pho seperti sekarang itu panjang ceritanya, daripada salah juga, mending kita lihat aja ya apa yang ada di Pho Ngon.

Tukang Ngider - Pho Ngon - Interior

Restoran yang berada di ruko berlantai dua ini punya interior yang asyik banget, menghadirkan suasana Vietnam dengan gerobaknya, seragam pekerjanya yang asli dari Vietnam, dan ketika masuk, kita akan disambut oleh bahasa Vietnam langsung, lho!

Tukang Ngider - Pho Ngon - Interior

Tukang Ngider - Pho Ngon - Interior

Ada dua lantai disini, lantai pertama punya 5 meja yang masing-masing bisa ditempati oleh 4 orang, dan 3 meja di lantai dua. Kalau lantai dua, sedikit gelap, tapi menarik karena diatur seperti berada di rumah, bikin nyaman.

Tukang Ngider - Pho Ngon

By the way, dari tadi ngomongin Vietnam mulu, sampai lupa kalau yang punya itu beneran asli orang Vietnam lho. Jadi, buat menu-nya, ada makanan pembuka, bintang utamanya Pho, dessert, dan minuman-minuman khas Vietnam ini resep asli langsung dari orang Vietnamnya. Hmmm…

Siap untuk tergoda? Lanjut, gan. Makanan Pembuka dulu, yes!

____________________________________________________

SPRING ROLLS

Tukang Ngider - Pho Ngon - Spring Rolls Cha Gio
Cha Gio IDR 20K

Sebelum mencoba, sudah sering saya lihat di tipi-tipi nih fresh Spring Roll-nya Vietnam, eh ternyata ada juga yang digoreng. Udah mirip kayak di Indonesia, ya, lumpia goreng sama basah. Nah, mau pilih yang mana nih? Mau yang goreng atau yang fresh?

Tukang Ngider - Pho Ngon - Spring Rolls Goi Cuon
Goi Cuon IDR 20K

Keduanya sama, isinya ada: selada, acar timun dan wortel yang bikin seger banget, daun ketumbar, potongan ayam yang gurih, dan sang primadona udang segar yang direbus. Kalau yang digoreng pakai kulit lumpia, jadi kulitnya crispy. Sedangkan yang basah, pakai rice paper.

Saya prefer yang segar karena mungkin yang goreng udah mainstream di Indonesia kali ya. Rice paper-nya sedikit transparan, bikin udangnya kelihatan dan bikin nafsu makan meningkat drastis. Yang terbaiknya, saus celupannya ENAK BANGET!

BANH MI

Tukang Ngider - Pho Ngon - Banh Mi
Banh Mi Ga / Bo:  IDR 25K/ 3K

Selain Pho yang akan dibahas sehabis ini, salah satu makanan khas Vietnam yang ada disini, sandwichnya Vietnam bernama Banh Mi. Jelas banget, perpaduan budaya kuliner Perancis dan Vietnam melebur jadi satu hidangan yang sedap abis.

Kalau yang kita tahu, sandwich pakai roti tawar. Banh Mi memakai Roti Baguette yang udah terkenal asalnya dari Perancis yang rata-rata panjangnya hingga 1 meter. Sedangkan buat Banh Mi, udah dibuat pas buat ukuran sandwich kok.

Isinya ada apa aja? Nah, ada 2 pilihan nih, ayam atau sapi. Kalau saya lihat, rata-rata isian tadi buat spring roll dan Banh Mi, gak terlalu jauh berbeda. Masih dengan acar timun dan wortel yang bukan hanya asam aja, tapi rasanya khas ada manis-manisnya, daun ketumbar, dan pilihan daging yang kita akan pilih.

Buat yang ayam, daging ayamnya itu dimasak manis dan gurih. Bertemu dengan acar dan daun ketumbarnya, rasanya pas banget. Bisa dibandingkan seperti Chicken Teriyaki, tapi totally different. Buat yang sapi, berbeda dengan ayam, dimasak asin gurih, lagi-lagi, rasanya nge-blend banget ketika dimakan bareng acar timun dan wortel itu, plus daun ketumbar dan rotinya.

Giliran bintang utama yang bikin saya mouth watering terus alias ngeces. Kita sambut, Pho!

____________________________________________________

PHO

Tukang Ngider - Pho Ngon - Pho

Yang mau makan disini, bakal dibikin galau sama 3 pilihan Pho yang semuanya jadi favorit saya. Tapi, berdasarkan waktu ya. Lah? Gimana ceritanya? Kok semua favorit tapi berdasarkan waktu? Sabar sedikit, yes. Biarkan saya menjelaskan dengan tenang dan nikmat. Uhuk.

Tukang Ngider - Pho Ngon

Dikala cuaca sedang mendung, hujan mau turun tapi kadang gak jadi, atau perasaan dirundung kegalauan ditinggal kekasih jadi mantan. STOP! Maafkan terbawa suasana. Mari kita lanjutkan! Tapi bener sih, kalau cuaca lagi mendung, atau bahkan hujan. Saya sarankan Pho Ga atau Pho Bo.

Tukang Ngider - Pho Ngon - Pho Ga
Pho Ga IDR 23K (S) / IDR 28K (L)

Eits, bingung ya? Kalau bingung, tinggal pegangan. Pho Ga adalah Pho dengan daging ayam. Pho Bo, Pho dengan daging sapi. Gak jauh-jauh, kalau disini hanya menyediakan daging ayam atau daging sapi, alias HALAL ya, guys.

Tukang Ngider - Pho Ngon - Pho Bo
Pho Bo IDR 33K (S) / IDR 38K (L)

Yang membedakan selain pemakaian dagingnya, adalah kaldu dari tiap Pho. Kuah Pho Bo lebih terlihat gelap, aromanya lebih kuat dibanding ayam yang lebih jernih. Tapi kalau rasa gak usah ditanya deh, keduanya sama-sama enak, lho!

Tukang Ngider - Pho Ngon - Condiment

Jangan lupa memakai condiment tambahan, seperti: tauge, daun pho, daun kemangi, cabai rawit, dan lemon-lemon cantik yang kudu diperas ya. Saya gak bisa kalau gak lebih dari 1 potongan lemon, pasti bisa pakai sampai 5 potong. Hehe.

Tukang Ngider - Pho Ngon - Pho Tron
Pho Tron IDR 28K

Favorit saya lainnya adalah Pho Tron! Kalau Pho Bo sama Pho Ga pakai kuah, yang ini sih tanpa kuah alias kering. Pho yang sudah direbus dicampur dengan acar, kacang tanah dan diberi potongan daging ayam. Gak usah pake tambahan condiment lagi, tinggal diaduk, langsung hap!

Tukang Ngider - Pho Ngon - Saus Pho

Apa yang terjadi? Kenapa bisa jadi favorit saya, karena rasanya itu lho, asam manis, gurih, ugh! Gak bisa dijelaskan dengan kata-kata lebih lanjut. Harus coba sendiri rasanya, cocok banget ini kalau cuaca lagi panas terik.Ahhh!

____________________________________________________

DRINKS

Tukang Ngider - Pho Ngon - Minuman
Starts from 5K – 18K
Tukang Ngider - Pho Ngon - Vietnam Coffee Ca Phe Sua
Ca Phe Sua IDR 18K

Kalau soal minuman, ada Hot/Ice Tamarind, minuman asam jawa yang ternyata di Vietnam pun jadi minuman khas. Tapi kalau saya lebih pilih Ice Lemon Juice yang bener-bener perasan jeruk lemon dan Ice Vietnam Coffee. Terbaik dan cocok buat diminum bareng sama yang enak-enak.

____________________________________________________

DESSERT

Menutup kulineran disini, kita masih bisa dapetin dessert yang enaknya luar biasa pol! Durian Pannacotta dan Avocado pannacotta. Saya yang dulunya gak suka durian, bisa dibuat doyan sama durian. Semua karena Pho Ngon, yang punya pannacotta enak.

Tukang Ngider - Pho Ngon - Avocado Panna cotta
Avocado Panna Cotta IDR 25K
Tukang Ngider - Pho Ngon - Durian Panna Cotta
Durian Panna Cotta IDR 22K

 

Mau durian atau alpukat, keduanya pakai buah asli dan konsistensi teksturnya pas banget. Makan 1 porsi rasanya gak pernah cukup. Alhasil bisa makan sampe 2 porsi. Uhuk.

____________________________________________________

Jadi ini alasan saya, kenapa Pho Ngon jadi salah satu tempat makan favorit saya di Bandung. Siapapun yang belum pernah mampir, haruslah mampir. Gak akan pernah nyesel kalau makan disini. Harga terjangkau, rasa luar biasa enaknya.

____________________________________________________

Summary Of Destination:
Pho Ngon
Istana Mekar Wangi, Jalan Mekar Utama no. 45, Bandung.
10.00 – sold out
022 523 4031
IDR 5K – IDR 38K

____________________________________________________

KUY, DER!

Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider
VLOG on Youtube : tukangngider
Instagram : @tukangngider
Facebook Page : Tukang Ngider

Butuh referensi kuliner di Bandung? Klik sini aja!

Leave a Reply