FOOD FOOD - YOGYAKARTA

Soto DJIANCUK! – Sarapan Nikmat

DJIANCUK!

Memang nama sotonya begitu, mas-nya, mbak-nya. Sedikit jauh untuk mencapai tempat makan ini, karena turun dari Kulon Progo, nyebrang dikit ke Bantul. Tapi karena mumpung searah sama perjalanan, ya dilewatin deh akhirnya. *dilewat-lewatin sih*

Turun dari Kulon Progo memakan waktu kira-kira 1 jam untuk bisa sampai ke Soto Djiancuk ini. Sedikit bersabar karena waktu itu, jalanan yang dilewati sedikit padat dan ramai karena melewati beberapa pasar yang ada.

Soto Djiancuk ini merupakan salah satu tempat makan yang dicari oleh orang-orang. Kalau kata saya, ini merupakan tempat kuliner yang sedikit mblusuk. Tempat makan ini memang ada disebelah jalan raya, tapi bukan jalan besar yang dengan mudah sampai. Tapi harus masuk ke jalan yang lebih kecil lagi dan lagi. Tapi gak susah kok buat dateng kesini. Dan katanya, Soto Djiancuk ini salah satu soto yang paling top di kota Jogja.

20160428_091554

Sesampainya, terlihat plang nama tempat makan ini dengan tulisan besar SOTO DJIANCUK! Kasar memang, tapi itu yang bikin saya penasaran kenapa kok disebut djiancuk gitu lho. Selidik punya selidik, djiancuk ini sering diumpat oleh orang-orang yang makan karena terkenal enaknya. Memang gak salah kalo insting minta untuk mendatangi tempat ini.

20160428_091827

Suasana tempat makan ini, didalamnya kental dengan ornamen-ornamen khas yang klasik dan terkesan tradisional banget. Meja-meja dan kursi masih dengan bahan kayu tebal dan beda-beda lho. Lukisan banyak tergantung, dari yang keren sampai yang nyeleneh pun ada.

20160428_091903

20160428_091839

Yang uniknya, ada juga motor jadul yang diparkir sengaja untuk menambah kesan klasik di tempat makan ini. Sejauh mata memandang, tempat memesan dan kasir berada di pojokan kanan dan disambung dengan dapur yang menyebarkan wangi ke seluruh ruangan.

20160428_091914

Saya menghampiri seorang ibu yang menjaga di tempat memesan, dengan melihat menu yang tertempel di dinding, saya memesan Soto Pisah dengan 2 nasi hangat dan es teh manis. Curi-curi pandang, dapurnya ternyata mungil untuk ukuran tempat makan di sebuah kota.

Menunggu pesanan datang, mata ini tidak bisa berhenti untuk melihat dan mengambil tempe goreng yang ada di setiap meja makan. Ada juga kerupuk yang tersedia yang bisa siap santap menemani hangatnya soto yang akan disajikan. Apa daya, tempe goreng menjadi menu pembuka untuk perut yang sudah duluan demo kelaparan.

Kebiasaan saya adalah menuang kecap ke atas tempe sebelum dimakan. Dan yang kaget adalah tempe gorengnya legit banget. Kedelai nya bener-bener enak. Sedikit berbeda dengan rasa yang ada di Bandung. Dan itu jadi taste of tempe terenak yang pernah saya makan seumur hidup saya. Iya tau LEBAY.

Pesanan datang. Tapi…

20160428_092335

Mangkok Sotonya kecil banget. Iya kecil, buat makan 1 ber 2 rasanya gak mungkin, bahkan 1 orang harus makan 2 mangkok kayaknya. Tapi apadaya karena sudah kelaparan, semuanya dihajar aja.

20160428_092357.jpg

Soto Djiancuk ini adalah Soto khas Blitar, soto dengan kuah kuning kecoklatan bening. Di dalamnya, ada potongan telur rebus, potongan daging sapi, ada juga kecambah (tauge kalau yang gak tau), tomat dan juga taburan daun seledri. Sekilas saya membandingkan dengan rawon, persis sama isinya, hanya saja berbeda di kuahnya.

Suapan pertama…

DJIANCUK tenan rasane, gak salah kalo ini soto maknyus, mantep, enak sampai ke ubun-ubun. Rasanya itu pas, kuahnya tidak mendominasi sehingga setiap rasa yang ada di dalamnya itu menyatu dan tercampur. Apalagi dengan style makan saya untuk dengan menambahkan air perasan jeruk nipis dan sambal. Kebayangkan rasanya asam pedas gurih nikmat. Pokok’e mantep pol.

Rasanya tadi saya bilang mangkoknya kecil, tapi perut berkata lain. Kenyangnya pas, apalagi ditambah beberapa potong tempe goreng dengan kecap diatasnya. Ini sarapan saya yang paling the best pokoknya. Dan cuman abis Rp. 15.000 buat sarapan super kenyang bin nikmat.

Monggo rencanain buat datang, cobain gimana djiancuk-nya ini soto. Lanjut ngider lagi…

Summary of destination
? Soto Djiancuk
✉ Jalan PGRI 2 No.59, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
⏰ 08.00 – 18.00
? Soto Campur Rp. 11.500 ; Soto Pisah Rp. 15.000 ; Nasi Putih Rp. 3.500 ; Es Teh Rp. 2.500 ; Tempe Goreng Rp. 1.000

Salam Ngider!


Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider
Instagram : @tukangngider

2 thoughts on “Soto DJIANCUK! – Sarapan Nikmat”

Leave a Reply