CELOTEH

Airvels: Connecting Travelers and Creators

Tukang Ngider - Airvels

Menuju 5 tahun perjalanan saya sebagai Content Creator, saya menyadari bahwa perjalanan sepanjang ini tidaklah mudah.

Ada sebuah pelajaran penting yang cukup lama saya sadari. Tukang Ngider ada hari ini bukan karena kekuatan diri saya sendiri, tetapi karena sebuah kolaborasi, kerjasama. Bisa dengan sesama content creator atau bahkan dengan perusahaan sekalipun.

Berbagai macam profesi saya coba satu per satu, mulai dari Photographer, Content Writer, Social Media Manager, Blogger, sampai menjadi Vlogger pernah saya lakukan dan beberapa diantaranya masih berlangsung sampai hari ini.

Salah satunya menjadi vlogger yang sungguhlah tidak mudah. Membuat konsep video, memproduksi kontennya, mempromosikan video kita, hingga membangun channel kita sendiri.

Jujur saja, sudah hampir setahun saya vakum dalam dunia per-vlogger-an, permasalahannya yang saya tulis sebelumnya, terutama menjaring views dan subscriber yang sulitnya ampun-ampunan.

Sambil berpikir mencari konsep video lain khusus untuk YouTube, saya mendapatkan sebuah pencerahan di sisi mengembangkan channel YouTube saya. Apa lagi kalau bukan dengan sebuah kolaborasi.

Saya mendapat insight baru yang saya pikir, tidak boleh saya simpan sendiri, insight ini juga akan membantu kalian yang mungkin kondisinya memvakumkan diri dari dunia YouTube. Dengan artikel ini saya ingin menceritakan sebuah platform start-up baru yang akan membantu para video creator terhubung langsung dengan viewers.

Saya perkenalkan Airvels

Airvels adalah sebuah platform travel yang akan membantu penggunanya mempersiapkan sebuah rencana perjalanan liburan dengan memberikan informasi detail terkait destinasi wisata pada sebuah kota maupun negara.

Tukang Ngider - Airvels 01

Informasi yang disampaikan berasal dari berbagai macam konten video yang diproduksi oleh travel vloggers atau travel enthusiast yang sudah dikurasi sedemikian rupa, sehingga video yang berada di dalam platform Airvels dipastikan high quality.

Tukang Ngider - Airvels 03

Dalam hal ini, video-video tersebut yang sudah diunggah ke YouTube, akan di-embed dan didistribusikan ke dalam platform Airvels, sesuai dengan kategori tujuan destinasi yang ada di dalam video tersebut.

Lantas apa keuntungannya?

Airvels mengajak semua Travel Vloggers Indonesia untuk bisa berkolaborasi bersama. Dengan cara, kalian bisa mengikutsertakan video yang sudah kalian unggah di YouTube yang nantinya akan didistribusikan menuju website Airvels.

Tukang Ngider - Airvels 04

Dengan sasaran pengunjung website yang merupakan orang-orang yang memang sering bepergian, video yang nantinya akan di-featured dengan Airvels, berpeluang untuk bisa dilihat oleh penonton baru di luar viewers atau fans yang sudah lebih dulu ada.

Selain berpengaruh pada views sebuah video, ada kesempatan lain juga untuk segera diikuti langsung oleh member Airvels yang saat itu sedang menonton video tersebut.

Tukang Ngider - Airvels 05

Jadi, istilahnya, sambil menyelam minum air. Video kalian itu bisa mendapatkan views dan subscribers tidak hanya dari pengguna YouTube, tapi juga dari platform Airvels yang bisa jadi, membernya sendiri belum pernah menonton dan tahu tentang kalian.

User’s Side

Mencari sebuah video yang kita mau, kadang seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami. Saking terlalu banyaknya video yang sekarang beredar di dunia internet. Karena sekarang, siapapun bisa membuat dan mengunggah video.

Tukang Ngider - Airvels 06

Untuk mensiasati kesulitan tersebut, Airvels mengkategorikan negara yang akan dituju terlebih dahulu. Selanjutnya, kita akan diberikan daftar berbagai tempat wisata yang selanjutnya bisa kita tonton.

Airvels memberikan kemudahan untuk para penggunanya untuk mendapatkan informasi yang detail dari dalam video. Kadang kita akan keasyikan menonton video, sampai kita lupa sedang mencari informasi tempat wisatanya sendiri.

Tukang Ngider - Airvels 07

Di sinilah Airvels hadir untuk membantu penyediaan data-data seperti nama tempat wisatanya, jam operasionalnya, dimana lokasinya, berapa harga tiket masuknya, semua ada di satu kolom di samping video yang akan diputar oleh pengunjung website Airvels.

Gak ada lagi kita mesti putar ulang videonya, cari tahu sendiri dimana letaknya, bahkan alamat yang tersedia sudah disambungkan dengan pencarian di peta digital. Sekali klik langsung akan terbuka dan berpindah website peta digital.

Belum sempat mencatat informasi dalam video? Ada fitur menyimpan video dan saat dimana kalian tonton. Semuanya akan terkumpul dalam 1 daftar selama kalian sudah tercatat sebagai member Airvels, ya. Sign in aja and it’s FREE! Gak sampe 5 menit juga udah jadi akunnya kok.

Konsep Kolaborasi

Dengan konsep yang diberikan oleh Airvels kepada para membernya, Airvels menawarkan kepada video creator sebuah kesempatan untuk sama-sama membangun channel video kalian melalui YouTube.

Simulasinya ketika ada 10 Travel Vloggers yang anggap saja masing-masing punya 10.000 subscribers, lalu kesepuluh vloggers tersebut mempromosikan untuk mendaftar di Airvels. Kemudian 10 persennya saja menjadi member Airvels, maka akan ada 10.000 member baru yang berkesempatan untuk melihat berbagai macam video, termasuk di dalamnya terdapat video kalian.

Dengan itu simulasi tersebut, ada potensi 10.000 views dan calon subcribers yang bisa dimiliki oleh kalian juga saat video kalian berada di website Airvels. Kata saya, ini seperti investasi jangka panjang untuk video kita kelak.

Tertarik video kalian bisa berada di Airvels? You’re invited! For more info, come, visit, or send your message to Airvels. Kuy, der!

Airvels: Connecting Travels and Creators

_________________________

KUY, DER!
Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider

Follow the journey on:
Instagram :
 @tukangngider
VLOG on Youtube :
 tukangngider
Facebook Page :
 Tukang Ngider

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.