EXPLORE EXPLORE - PEKANBARU

Jembatan Siak IV: Spot Sunset Terbaik di Pekanbaru

Tukang Ngider - Jembatan Siak 4

Menutup perjalanan seharian ngider di Kota Pekanbaru, kami memutuskan untuk menikmati pemandangan dari atas Jembatan Siak 4 yang cukup baru diresmikan saat itu.

Cuma punya waktu sehari di Pekanbaru? Tenang! Baca cerita saya seharian di
Pekanbaru: Menarik Untuk Dikunjungi Kok!

Kenapa memutuskan ke Jembatan Siak 4 ini? Hotel kami di Pekanbaru berjarak empat kilometer tinggal lurus saja dan sampai di jembatan ini. Selain dekat, penasaran juga dari depan hotel ada Trans Metro Pekanbaru, buswaynya kota Pekanbaru gitu, tarifnya Rp. 4.000 saja.

Tambah lagi, karena sudah tidak ada destinasi yang kami tuju berikutnya dan melihat cuaca Kota Pekanbaru yang cerah, ngide buat sunsetan ceritanya. Ya, begitulah ceritanya.

Tukang Ngider - Jembatan Siak 4

Harus diingat, waktu terbenamnya matahari di setiap kota itu berbeda-beda ya. Daerah Sumatera, rata-rata waktu terbenam mataharinya lebih lama. Kalau di Pulau Jawa, biasanya pukul 18.00 sudah gelap. Di Pekanbaru sini, masih bersinar terang itu mataharinya.

Oh tentu saja kami bukan tim mepet. Ada yang namanya golden hour, itu cahaya matahari lagi bagus-bagusnya. Biasanya sekitar 30 menit sampai 1,5 jam sebelum matahari terbenam. Ya, pukul 17.00 lah kami sudah sampai di Jembatan Siak 4.

Sunset di Pekanbaru
Bagus, kan?

Jembatan Siak 4 punya nama resmi, yaitu Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah. Jembatan ini menghubungkan pusat Kota Pekanbaru dari Jalan Sudirman Ujung menuju Kecamatan Rumbai Pesisir.

Dengan panjang 830 meter, terdapat ruas untuk kendaraan dengan 4 lajur kendaraan, 2 lajur untuk masing-masing arah, dan 2 ruas di sisi terluar kanan kiri jembatan untuk pejalan kaki.

Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah
Main hape terooos…

Awal berpikir, rasanya ngeri ya. Tapi setelah sampai, ruas pejalan kaki menurut penilaian saya sangat layak. Cukup rapi dan nyaman untuk dilewati para pejalan kaki.

Sisi dari arah kota ini yang menghadap barat, dari atas jembatan memang menyuguhkan panorama dengan latar Sungai Siak yang membentang dengan beberapa perahu yang lewat.

Sunset dari Jembatan Siak
Matahari sudah terbenam

Semakin sore semakin ramai dikunjungi, banyak yang memang berkunjung kesini sambil berfoto ria. Kalau sudah malam, lampu-lampu jembatan dan penerangan jalan akan menyala bikin semarak.

Gak salah kalau saya bilang, Jembatan Siak 4 ini spot terbaik melihat matahari terbenam di Pekanbaru. Kalau memang cuacanya mendukung ya kakak. Tetep ada disclaimer.

Tukang Ngider - Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah
Jembatan Siak IV di malam hari

Jadi, begitulah kira-kira perjalanan saya selama di Pekanbaru. Hanya ngubek-ubek di area kota saja sih memang. Belum sempat kemana-mana lagi karena keterbatasan waktu. Semoga bisa ke Pekanbaru lagi karena ada yang belum dikunjungi. Kalau begitu, sampai jumpa di kota selanjutnya. Kuy, der!

______________________________

Jembatan Siak IV

Jalan Tanjung Batu no. 107, Pesisir, Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Riau 28155

______________________________

KUY, DER!
Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider

Follow the journey on:
Instagram :
@tukangngider
VLOG on Youtube :
tukangngider
Facebook Page :
Tukang Ngider

1 thought on “Jembatan Siak IV: Spot Sunset Terbaik di Pekanbaru”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.