EXPLORE EXPLORE - CILEGON

Masjid Agung Cilegon: Menara Penunjuk Arah

Tukang Ngider - Masjid Agung Cilegon

Selama di Kota Cilegon, sepertinya kalau kita berputar-putar di sekitaran Kota Cilegon, dari kejauhan pasti akan terlihat menjulang tiang-tiang聽menara masjid. Setelah ditelusuri, menara masjid ini akan membawa kita menuju Masjid Agung Cilegon.

Tukang Ngider - Masjid Agung Cilegon

Terletak di pusat Kota Cilegon, sebuah masjid terbesar di Cilegon ini berdiri dengan megah di atas lahan sebesar 3600 meter persegi. Diyakini kalau Masjid Agung Cilegon sudah dibangun sejak perkembangan Islam bertumbuh di Indonesia.

Persis di seberang masjid ini, terdapat rumah dinas Walikota Cilegon yang dulu pada zaman kolonial Belanda dikenal sebagai eks kantor residen Goebel dan juga berdekatan dengan Stasiun Cilegon.

Tukang Ngider - Masjid Agung Nurul Cilegon

Dengan nama Masjid Agung Nurul Ikhlas, bentuk asli bangunan masjid sebelumnya sudah berubah karena renovasi besar-besaran sejak tahun 2008. Masjid Agung Cilegon menjadi salah satu ikon Kota Cilegon karena kubah masjid menyerupai kubah masjid Nabawi yang berwarna hijau di Madinah, Arab Saudi.

Pada tingkatan kedua, jika dilihat dari luar Kawasan masjid, terdapat serambi atau teras yang cukup luas untuk menampung umat yang mungkin dibuka pada waktu tertentu. Sewaktu mengunjungi, tangga menuju serambi ditutup oleh pagar.

Tukang Ngider - Menara Masjid Agung Cilegon

Lho, kok bisa foto di atas? Sebenarnya penasaran, tetapi sebelum naik, saya sudah bertanya dan meminta izin terlebih dahulu untuk mengakses serambi di tingkat kedua.

Kunjungan ke Masjid Agung Cilegon ini tidak terlalu lama, selain karena banyaknya umat yang banyak beribadah, alasan lainnya, karena sudah lapar setelah trekking ke Batu Lawang Merak.

Cerita lengkapnya ada di sini:
Batu Lawang Merak: Trekking Santai di Kota Cilegon
Nasi Gonjleng: Nasi Kebulinya Orang Cilegon

Yap, karena ini bukan tempat wisata, tetap jaga gerak gerik kita selama mengunjungi tempat ibadah ya. Sebisa mungkin jangan sampai mengganggu orang yang sedang khusyuk beribadah. Kuy, der!

Kemana saja saya selama di Cilegon?
Baca selengkapnya di Cilegon: Mengunjungi Kota Industri

______________________________

Masjid Agung Cilegon

Jalan Ahmad Yani, Jombang Wetan, Jombang, Kota Cilegon, Banten 42426
24 jam

_________________________

KUY, DER!
Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider

Follow the journey on:
Instagram :聽@tukangngider
VLOG on Youtube :聽
tukangngider
Facebook Page :聽Tukang Ngider

1 thought on “Masjid Agung Cilegon: Menara Penunjuk Arah”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.