FOOD FOOD - BANDAR LAMPUNG

Mie Khodon: Mie Legendaris di Bandar Lampung

Tukang Ngider - Mie Khodon

Jam makan siang sudah terlewat selama penerbangan dari Palembang menuju Bandar Lampung. Roti dan snack tidak bisa memuaskan perut yang memang harusnya diisi sesuatu makanan yang lebih berat. Diputuskanlah untuk menuju Mie Khodon, kuliner legendaris yang ada di Bandar Lampung.

Mie Khodon begitu populer di seantero Bandar Lampung, letaknya di Teluk Betung, tapi orang rela untuk datang dan menikmati lezatnya mie yang sampai hari ini sudah dikelola oleh generasi ketiga.

Tukang Ngider - Mie Khodon

Dipikul berkeliling

Memulai usaha di tahun 1960, Pak Khodon, begitu sebutannya, berjualan dengan memikul jualannya berkeliling di sekitaran Teluk Betung. Sejak dulu, memang yang dijual adalah olahan mie seperti bakmi godog Jawa.

Tukang Ngider - Mie Khodon

Spesialnya Mie Khodon adalah mie basahnya yang dibuat sendiri menggunakan tangan tanpa diberikan bahan tambahan apapun termasuk pengawet. Ukuran mienya tergolong besar untuk di Sumatera, persis seperti ukuran untuk mie Aceh atau bakmi di Pulau Jawa.

Tukang Ngider - Mie Khodon

Menu yang dijajakan hanyalah mie goreng, mie nyemek, mie kuah, dan pilihan lain seperti bihun. Kalau sudah disuruh memilih, saya memasuki waktu bagian galau. Selalu bimbang antara mie goreng dengan mie nyemek.

Tukang Ngider - Mie Khodon

Tapi ya sudah, saya memesan mie goreng, biasanya jadi pilihan dasar untuk tahu rasa keseluruhan. Kalau mie gorengnya udah enak, biasanya rasa pilihan lainnya akan enak juga. Dih kata siapa sih, Ndrew?

Processed with VSCO with al5 preset

Proses masaknya tergolong cepat, baru sebentar duduk, pesanan sudah datang di depan mata. Belum sempat ambil foto dan video, sudah harus dipaksa makan dulu. Tapi gak apa deh, biar lebih nyaman cicipinnya.

Processed with VSCO with al5 preset

Dari tadi saya bilang kalau Mie Khodon itu mirip bakmi Jawa, memang hasilnya persis mirip. Untuk urusan rasa, menurut saya Mie Khodon punya perbedaan rasa yang jauh lebih nendang.

Sudah di generasi ketiga

Ternyata, bumbu yang dipakai menggunakan tambahan ebi atau udang kering yang membuat hasil masakannya lebih harum dan gurih. Baru saja diangkat dari kuali, wanginya sudah melanglangbuana.

Processed with VSCO with al5 preset
Mie goreng pesanan saya

Membaca review di beberapa tempat, banyak orang yang mengeluhkan rasanya yang terlalu manis, karena bagi orang Sumatera sudah terbiasa dengan masakan yang cenderung lebih asin dan pedas. Tapi, tidak mengurangi kelezatan Mie Khodon sih, karena sang juru masak fleksibel untuk special request pembeli.

Processed with VSCO with al5 preset

Setelah selesai makan, saatnya beraksi untuk melihat proses pengolahan di sekitar juru masak. Beliau adalah Pak Subarno, cucu dari Pak Khodon yang turun termurun meneruskan bisnisnya.

Tukang Ngider - Mie Khodon

Walau agak sibuk, Pak Subarno beserta istri tidak berhenti tersenyum dan mau meladeni pertanyaan saya. Dari mulai yang basa basi sampai serius sekalipun dijawab tanpa ragu-ragu.

Mie Nyemek

Melihat cara kerja beliau di depan tungku, tidak mengherankan kalau pesanan cepat diselesaikan. Beliau memasak terus tanpa henti selama ada pengunjung yang datang.

Tukang Ngider - Mie Khodon
Mie yang diproduksi sendiri

Bahan-bahan yang ada di gerobak semuanya terlihat segar dan memang menggugah selera, apalagi setelah matang, asap mengebul dengan mie beserta limpahan sayuran yang dituang ke piring ataupun mangkuk.

Tukang Ngider - Mie Khodon

Gak heran kalau Mie Khodon sepopuler itu karena rasanya juga enak. Kalau mau ke sini, datanglah sesiang mungkin, kalau lagi apes, sebelum jam tutupnya bisa saja mie sudah habis dan tutup lebih awal.

Processed with VSCO with al5 preset

Lagi-lagi urusan selera itu subyektif, mungkin kata saya enak, tapi lain cerita dengan mulut kalian. Kalau punya pendapat lain, kolom komentar terbuka lebar untuk berdiskusi. Kuy, der!

Ke Bandar Lampung, ke mana saja? Baca di
Bandar Lampung: Nama Sebelumnya Panjang!

______________________________

Mie Khodon

Jalan Ikan Bawal No. 22, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung,
Lampung 35221
13.00 – 19.00
Minggu Tutup
HALAL

_________________________

KUY, DER!
Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider

Follow the journey on:
Instagram :聽@tukangngider
VLOG on Youtube :聽
tukangngider
Facebook Page :聽Tukang Ngider

1 thought on “Mie Khodon: Mie Legendaris di Bandar Lampung”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.