EXPLORE EXPLORE - MALANG

Malang: Switzerland van Java

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Malang

Secara harafiah, arti nama Malang bukan berarti bernasib buruk, tapi diambil dari sebuah puncak pegunungan yang bernama Malang sewaktu daerah ini ditemukan. Karena jadi kota tersingkat yang saya kunjungi dalam perjalanan ini, tidak banyak tempat wisata di Malang yang bisa dikunjungi.

Saking singkatnya, tidak sempat mengabadikan kuliner Malang, karena sudah terlalu malam, juga tidak terlalu kondusif untuk bisa diabadikan. Tapi memang agak bingung juga, sewaktu mencari kuliner khas Malang yang kebanyakan malah kuliner kota lain yang lebih populer di sini.

Sejarah Kota Malang

Tidak ada yang sejarah jelas, mengapa kota ini diberikan nama Malang. Ada yang menyebut karena masyarakatnya dulu menyebut Malang sebuah puncak pegunungan. Ada juga yang bercerita kalau saat sebuah kerajaan ingin menaklukan daerah ini, masyarakatnya menghalang-halangi dan melawan pendudukan, disebutkanlah Malang yang berarti menghalangi.

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Malang

Kota Malang sendiri secara geografis sangat mirip dengan Kota Bandung yang dulunya adalah danau purba. Seperti cekungan yang dikelilingi oleh gunung-gunung yang membentang. Sehingga saat terdapat letusan, material dari meletusnya sebuah gunung menyumbat aliran air dan terjadilah proses pengumpulan air menjadi danau.

Dengan pegunungan yang mengelilinginya juga, tidak heran kalau Kota Malang dikenal sebagai kota yang sejuk dan adem. Bisa dikunjungi dengan kereta api atau dengan pesawat terbang dengan bandara kecil mirip banget sama Bandung.

Total hanya 2 tempat wisata yang sengaja dikunjungi, satunya di Kabupaten Malang, satunya lagi di pusat Kota Malang, kemana saja?

_________________________

Kampung Wisata Jodipan

Berbatasan dengan Sungai Brantas, Jodipan adalah nama sebuah kelurahan di Kota Malang yang berada tidak jauh dari Stasiun Malang Kota dengan khas warna-warni yang cerah.

Tukang Ngider - Kampung Jodipan

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Malang

Kampung Wisata Jodipan diawali dari sebuah ide 8 orang mahasiswa yang melakukan tugas perkuliahan, kemudian menggandeng satu perusahaan cat melalui program CSR yang menjadikan Kampung Jodipan ini menjadi kampung wisata tematik di Kota Malang yang dikunjungi oleh banyak orang sebagai tempat wisata terbaru dan wajib dikunjungi.

_________________________

Kampung Wisata Jodipan

Jodipan, Blimbing, Malang City, East Java
07.00 – 18.00

_________________________

Coban Rondo

Memang betul, Rondo di sini berarti Janda. Bermula dari sebuah cerita legenda, kalau air terjun ini adalah tempat menunggunya Dewi Anjarwati. Saat itu suaminya, Raden Baron Kusumo sedang bertarung dengan Joko Lelono yang ingin memperebutkan Dewi Anjarwati. Tapi nahas, keduanya sama-sama meninggal dalam pertarungan tersebut dan Dewi Anjarwati menjanda dengan meratap nasib di air terjun ini.

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Malang

Processed with VSCO with kc25 preset

Butuh 1 jam perjalanan dari Kota Malang, melewati Kota Batu dan selanjutnya memasuki Kabupaten Malang. Berada di kaki Gunung Kawi, Coban Rondo ini berada sekomplek dengan berbagai wahana yang bisa dikunjungi bersamaan.

_________________________

Coban Rondo

Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur 65391
(0341) 5025 147

_________________________

Sebelum ke Malang, baca perjalanan saya di:
Surabaya: Sang Kota Pahlawan

_________________________

Malang in 40s!

View this post on Instagram

Malang in 40s! Karena gak terlalu lama di Malang, bisa dibilang video ini bisa jadi referensi one day trip di Malang. Dateng sehari sebelumnya, cuman ada waktu sehari full, besoknya udah pulang. Bisa banget lah. Pagi-pagi bisa ke Kampung Warna Warni Jodipan gak jauh dari stasiun Malang. Sejam dari Kota Malang, ada Kota Batu yang bisa dikunjungi, ada Coban Rondo, air terjun yang gak boleh didatengin sama pacar, ceunah. Urusan makan? Banyak pilihan, ya Tenda Pecel Lele atau Ayam Goreng banyak banget tersebar. Bakso Bakar yang terkenal misalnya juga bisa jadi tujuan kuliner di Malang. Videonya gak terlalu spesial, tapi kamu semua tetap spesial di hati akoh. EAK! Kuy, der! ________________________________ #TukangNgider #TukangNgiderSURABAYA #TukangNgiderAmazingJourney #TukangNgiderNgeVLOG @ef_englishfirst @exploresurabaya 路 #traveling #explore #adventure #awesome #WonderfulIndonesia #VisitIndonesia #travel #instatraveling #instago #travelpics #adventure #camera #exploretocreate #goexplore #holiday #justgoshoot #lifeofadventure #vsco #travel #exploresurabaya #surabaya #journey #indovisualgram #vlog #video

A post shared by Andrew | Travel Blogger (@tukangngider) on

_________________________

KUY, DER!
Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider

Follow the journey on:
Instagram :
 @tukangngider
VLOG on Youtube :
 tukangngider
Facebook Page :
 Tukang Ngider

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.