EXPLORE EXPLORE - SURABAYA FOOD FOOD - SURABAYA

Surabaya: Sang Kota Pahlawan

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Surabaya

Terhitung kali keempat, saya menginjakkan kaki di Surabaya. Kali pertama hanya transit, itupun menunggu kereta api yang jeda kedatangannya mepet. Dua kesempatan lainnya, masing-masing karena dinas luar kota dan curi-curi waktu untuk keliling wisata kuliner, gak sempat untuk berkunjung ke tempat wisata di Surabaya.

Dua kali itu ya hanya bisa untuk berwisata kuliner di pusat kota, baru di kunjungan dalam perjalanan #AmazingJourney ini baru bisa mendatangi tempat-tempat wisata di Surabaya bahkan sampai Madura.

Sejarah Kota Surabaya

727 tahun lamanya Kota Surabaya telah berdiri. 31 Mei 1293 dipercaya sebagai hari jadi Kota Surabaya sebagai peringatan hari kemenangan Kerajaan Majapahit melawan serangan Kerajaan Mongol di Pulau Jawa.

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Surabaya

Bahkan menurut beberapa referensi, sebenarnya Kota Surabaya sudah ada sejak tahun 1045 saat Kerajaan Jenggala berkuasa, sebagai kota Pelabuhan bernama Ujung Galuh.

Adapun kata Surabaya berasal dari sebuah cerita peperangan antara Sura atau Ikan Hiu dengan Baya atau Buaya. Hiu dan Buaya ini adalah penggambaran dari Pasukan Mongol yang menyerang dari lautan, sedangkan Buaya merupakan lambang dari Pasukan Majapahit yang melawan dari darat.

Tempat Wisata di Surabaya

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, Surabaya menjadi satu kota yang paling berkembang selain Jakarta yang menjadi penghubung antara wilayah Jawa dengan wilayah Indonesia Timur.

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Surabaya

Tidak cuma urusan ekonomi, banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi dan wisata kuliner yang tidak ada habisnya untuk dicicipi. Lalu, kemana saja tempat yang saya kunjungi selama di Surabaya?

_________________________

Surabaya North Quay

Tanjung Perak, tepi laut! Disinilah letak Surabaya North Quay atau dermaga utara Surabaya. Pelabuhan terbesar kedua dan juga salah satu yang tersibuk di Indonesia sebagai hub untuk Indonesia Barat dan Timur.

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Surabaya 06

Dua lantai di terminal keberangkatan penumpang oleh Pelindo, perusahaan Pelabuhan Indonesia, disulap menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh warga Surabaya dan sekitarnya.

Tukang Ngider - Surabaya North Quay

Berupa rooftop deck dengan serambi panjang dengan pemandangan laut Jawa dan lalu lintas kapal-kapal yang hilir mudik di sekitaran Pelabuhan dan sepoi-sepoi angin yang bakal bikin betah berlama-lama bersantai di sini.

_________________________

Surabaya North Quay

Perak Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur 60165
10.00 – 19.00

_________________________

Bukit Kapur Arosbaya

Kira-kira 1 jam perjalanan dari pusat Kota Surabaya untuk bisa mencapai bekas pertambangan batu kapur yang sudah lama tidak aktif di Bangkalan, Madura.

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Surabaya

Tukang Ngider - Bukit Kapur Arosbaya

Salah satu alasan untuk berkunjung ke sini karena panorama batu-batu yang terpahat hasil penambangan yang dilakukan secara tradisional, sehingga dari jauh akan terlihat berundak di hampir seluruh bebatuan yang kapurnya sudah habis ditambang.

_________________________

Bukit Kapur Arosbaya

Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Makam Air Mata, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69151
09.00 – 17.00

_________________________

Bebek Sinjay

Jangan pernah sekalipun melewatkan rumah makan dengan hidangan bebek goreng yang super nikmat yang asalnya memang dari Pulau Madura.

Processed with VSCO with al5 preset

Sajian bebek goreng gurih dengan serundeng yang ditaburi di atas nasi hangat pulen yang masih mengepul, disajikan dengan sambal pencit, sambal dengan mangga muda yang asam bikin nagih.

Tukang Ngider - Bebek Sinjay

Perpaduan rasa asin, gurih, asam, dan manis, bikin “sakau” kala hanya mengingat wangi dan rasanya di kepala. Hati-hati, kalian bakal kalap seperti saya yang menghabiskan 2 porsi nasi yang besar saat itu.

_________________________

Bebek Sinjay

Jalan Raya Ketengan No.45, Junok, Tunjung, Kec. Burneh, Kabupaten Bangkalan,
Jawa Timur 69121
0878 4965 5545
07.00 – 17.00

_________________________

Tahu Telor Pak Jayen

Warung makan tahu telor legendaris di Kota Surabaya yang terkenal dengan kelezatan tahu telornya yang direkomendasikan oleh banyak orang Surabaya aslinya. Salah satu kuliner malam yang semakin malam akan semakin ramai.

Tukang Ngider - Tempat WTukang Ngider - Tempat Wisata di Surabayaisata di Surabaya

Memang menu utamanya adalah tahu telor, hidangan tahu goreng, telur dadar goreng, kecambah dengan saus kacang yang diulek bersama tingkat kepedasan atas dasar permintaan pembeli.

Tukang Ngider - Tahu Telor Pak Jayen

Tidak heran kalau dinobatkan sebagai salah satu kuliner rekomendasi Kota Surabaya yang harus dikunjungi kala berada di Surabaya.

_________________________

Tahu Telor Pak Jayen

Jalan Dharmahusada No.112, Mojo, Kec. Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60115
16.00 – 00.00

_________________________

Wisata Air Kalimas

Ada cara lain untuk menikmati Kota Surabaya, menyusuri sungai Kalimas di malam hari dengan perahu ditemani dengan banyak lampion yang sengaja dipasang di atas sungai yang membelah Kota Surabaya ini.

Tukang Ngider - Tempat Wisata di Surabaya 08

Tukang Ngider - Wisata AIr Kalimas

Rute terlama memakan waktu 30 menit, nantinya kita akan dibawa mulai dari dermaga awal di Taman Prestasi sampai kembali lagi ke tempat semula. Tergantung dengan keadaan sungai saat itu, bisa saja hanya rute pendek yang membutuhkan waktu 15 menit.

_________________________

Wisata Air Kalimas

Taman Prestasi, Jalan Ketabang Kali No.2-B, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya,
Jawa Timur 60272
08.00 – 12.00, 16.00 – 21.00

_________________________

Surabaya punya wilayah yang luas dan masih banyak yang bisa dijelajahi lagi, akan ada artikel terpisah di luar tempat yang saya bahas di sini, dan kebanyakan pengalaman berwisata kuliner selama di Surabaya. Dengan senang hati, kalau ada rekomendasi tempat lainnya di Surabaya, saya terima dengan lapang dada dan bakal dikunjungi di kesempatan selanjutnya. Kuy, der!

Sebelum mengunjungi Surabaya, silakan baca cerita perjalanan saya di
Solo: The Spirit of Java

_________________________

Surabaya in 50s!

View this post on Instagram

Surabaya in 50s! Setengah perjalanan ini berlangsung di Kota Pahlawan. Apa yang bisa dijelajahi di Kota Surabaya dan sekitarnya? Oh buanyaaaaak! Kulinernya gak cuma satu atau dua aja, tapi puluhan! Gak afdol kalo kesini kalo gak makan Bebek juga Rawon. Sate Klopo Ondomohen gak boleh lupa juga yes! Kalo ke Madura bisa coba Bebek Sinjay yang super duper mantap karena sambal Pencit alias Sambal Mangga Muda segarnya. Kalo di Kota Surabaya, mampir aja ke Bebek Tugu Pahlawan. Ada little Petra di tengah Pulau Madura. Di Arosbaya, sejam dari kota Surabaya, sebuah bukit kapur yang terukir rapi. Siapa bilang juga malem-malem gak bisa ngapa-ngapain? Wisata Perahu Kalimas aja, modal IDR 6.000 bisa susur sungai Kalimas yang bersih dengan hiasan lampion sepanjang sungai. Walau tahun ini udah gak ada libur di hari biasa lagi, semangat ya tahun depan, tanggal merah di weekday melimpah. Have a nice day! Kuy, der! ________________________________ #TukangNgider #TukangNgiderSURABAYA #TukangNgiderAmazingJourney #TukangNgiderNgeVLOG @ef_englishfirst @exploresurabaya · #traveling #explore #adventure #awesome #WonderfulIndonesia #VisitIndonesia #travel #instatraveling #instago #travelpics #adventure #camera #exploretocreate #goexplore #holiday #justgoshoot #lifeofadventure #vsco #travel #exploresurabaya #surabaya #journey #indovisualgram #vlog #video

A post shared by Andrew | Travel Blogger (@tukangngider) on

_________________________

KUY, DER!
Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider

Follow the journey on:
Instagram :
 @tukangngider
VLOG on Youtube :
 tukangngider
Facebook Page :
 Tukang Ngider

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.