EVENT

Nonton Bareng Film ‘LIMA’ bareng PPM merayakan Pancasila

Apa yang biasa dilakukan ketika Hari Lahir Pancasila diperingati? Sejak tahun lalu, 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila diresmikan menjadi hari libur nasional. Dan sejak saya selesai menempuh pendidikan. Rasanya, tidak ada yang spesial ketika 1 Juni datang. Tapi tidak tahun ini. Saya merayakannya dengan cara yang berbeda.

Riuh rendah terdengar sebelum tanggal 31 Mei lalu, banyak broadcast di handphone saya untuk ikut berpartisipasi menonton sebuah film produksi Lola Amaria, seorang artis yang kini menjadi sineas film, banyak melahirkan film-film yang berkualitas yang patut ditonton.

unnamed

LIMA namanya. Tidak tanggung-tanggung dengan lima sutradara sekaligus, mengangkat kisah sebuah keluarga dan kesehariannya dengan pengamalan lima sila Pancasila. Dan pas lah, dengan hari Lahir Pancasila, film ini mendapat apresiasi yang keren dari masyarakat Indonesia, termasuk saya.

Sekilas tentang PPM Manajemen

Kesempatan menonton film ‘LIMA’ ini saya dapatkan ketika mendapat sebuah tawaran undangan menonton bersama sebuah Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen yang gencar melestarikan Kebhinekaan Indonesia dengan merayakan Hari Lahir Pancasila, Hari Jadi PPM Manajemen, hingga Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tidak lain dan tidak bukan karena situasi yang beredar di masyarakat sekarang yang mulai penuh dengan isu SARA dan berita-berita hoaks. Menjadikan PPM Manajemen terpanggil untuk senantiasa menjaga keutuhan bangsa dan negara.

20180608155817_IMG_2088-01

Tidak hanya itu, PPM Manajemen sejak awal berdirinya, memastikan diri untuk terus ikut menjaga dan mempromosikan kebersamaan dan kebhinekaan dalam pembangunan bangsa dengan mengeramatkan 3 tanggal penting.

20180608163701_IMG_2104-01
Bramantyo Djohanputro, Direktur Eksekutif PPM Manajemen

Momen 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, sebagai momen untuk kembali merefleksikan diri dan acuan cita-cita para pendiri PPM Manajemen untuk mengembangkan ilmu manajemen di Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Lalu, 3 Juli sebagai Hari Lahir PPM Manajemen, dimana tahun ini sebagai Tahun Emas, 50 tahun PPM Manajemen berkarya di Indonesia. Dan terakhir, 17 Agustus, sebagai peringatan hari lahir negara kita tercinta, Republik Indonesia.

Jadi ngapain bareng PPM Manajemen?

20180608135208_IMG_2057-01

Jadi, di CGV Grand Indonesia, saya ikut bersama ratusan orang dari PPM Manajemen menonton bersama film karya Lola Amaria dengan 4 Sutradara yang masing-masing memegang sebuah sila dan diaplikasikan dalam cerita film ‘LIMA’ ini.

20180608141931_IMG_2087-01

Awalnya saya bingung, sebuah lembaga yang super sekali fokus untuk merayakan Hari Lahir Pancasila bahkan dengan  1 studio bioskop full memeriahkan acara ini. Kan keren abis nih. Kepikiran pengen jadi mahasiswa Pasca Sarjana-nya nih 😀

20180608141808_IMG_2086-01

Eh, iya, saya juga gak sendirian sih, ada beberapa orang lain, blogger-blogger kece yang sudah saya kenal. Dan yang saya senang kalau ikut acara beginian tuh, pasti ada juga orang yang baru saya kenal. Makin banyak deh orang yang saya kenal.

Dengan iming-iming opini teman-teman saya yang bilang film ini keren. Ya, saya harus bilang emang keren banget! Apalagi acting kece dari Prisia Nasution yang cantiknya ajubileh, dengan aktor-aktris lainnya yang fresh, ada yang pertama kali saya lihat, ada juga yang tidak asing, tapi saya gak tau liat dimana.

20180608162941_IMG_2100-01

Cerita dengan satu keluarga yang hidup berdampingan, beranekaragam, dan mempunyai konflik yang ternyata sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari perbedaan keyakinan dalam lingkup keluarga.

Masalah sosial tentang kemanusiaan, bagaimana main hakim sendiri jadi penyelesaian sebuah masalah, lalu, masih adanya penilaian antara pribumi dan non pribumi. Penyelesaian sebuah masalah dengan sebuah musyawarah untuk bermufakat. Juga, mengangkat isu keadilan, hukum yang berkeadilan bagi masyarakat.

20180608141521_IMG_2083-01

Semua dikemas dalam satu film berdurasi 120 menit. Bayangin? Semulus itu, dengan beberapa adegan yang bikin saya terisak haru. (Siapa bilang cowok gak boleh nangis?). Bagi saya, memang PPM Manajemen pas banget bikin acara nonton bareng ini dengan film yang tepat juga.

Buat Lola Amaria, love you full! Ternyata masih ada orang yang mau memperjuangkan negeri ini dengan caranya sendiri. Semoga semakin banyak film berfaedah kayak gini. Saya bakal jadi orang terdepan juga buat nonton ini. Kalau saya sudah nonton bareng PPM Manajemen, kamu? Kuy, nonton!

NB: Si gue gak kalah kece dari Baskara kan? Pemeran Adi, tuh 😀

_________________________

KUY, DER!

Tukang Ngider
Ngider terus, terus ngider
VLOG on Youtube : tukangngider
Instagram : @tukangngider
Facebook Page : Tukang Ngider

3 thoughts on “Nonton Bareng Film ‘LIMA’ bareng PPM merayakan Pancasila”

Leave a Reply